KEPRI

PENDIDIKAN

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Masjid Agung Natuna, Replikanya Taj Mahal versi Indonesia Yang Indah Dipandang Mata

Masjid Agung Natuna/alfi


Natuna tidak hanya menyajikan bentangan alam yang indah di teritorial Indonesia. Kepulauan paling utara di Selat Karimata ini juga memperlihatkan replika Taj Mahal versi Indonesia yang dapat dijumpai masyarakat melalui kunjungan ke Masjid Agung Natuna.


Masjid ini dibangun di atas lahan keseluruhan 15.500 meter persegi. Taj Mahal versi Natuna ini digadang menjadi salah satu landmark di Natuna.


Sang arsitek, Both Sudargo menyatakan, masjid buatannya menyerap berbagai model arsitektur seperti Taj Mahal di India dengan khas sungai di area depan Masjid dan juga tiang menara masjid yang berdiri kokoh.


Kemudian dipadukan dengan arsitektur Masjid Nabawi di Madinah, Masjid yang ada di Cordoba Spanyol, serta ukiran-ukiran kaca patri khas Turki.


Pada puncak menara terdapat sebuah kubah mungil seperti tipe masjid seribu menara di negara Timur Tengah. Sekilas, memang menara Masjid Agung Natuna mengadopsi desain dari Masjid Nabawi di Tanah Suci Makkah.


Apabila menilik lebih dalam, masjid ini memiliki 20 buah pintu berukuran 4 x 3 meter yang menghadap ke berbagai penjuru arah. terdapat tiga pintu utama yang menghadap ke timur. Selanjutnya, 17 pintu lainnya didesain dengan motif relief seni khas Islam dalam bentuk tralis di tengah daun pintunya.


Di dalam masjid juga menyajikan 'aksesoris' tiang penyangga utama kubah setinggi 17 meter dengan garis tengah 1 meter, dibubuhi ornamen lempengan tembaga dan perak yang diukir mengelilingi tiang. (fie)


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *