KEPRI

PENDIDIKAN

EKONOMI

POLITIK

SPORT

PT PLN Batam Pilih Mobil Listrik Nissan Leaf Sebagai Kendaraan Operasional

Marketing Nissan Indomobil Batam (merah) menyerahkan secara simbolis unit Nissan Leaf kepada perwakilan PLN Batam. Foto: Indomobil Batam


BALOI - The All-New Nissan LEAF sebagai kendaraan tanpa emisi merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat. The All-New Nissan LEAF di Indonesia mengimplementasikan filosofi ini dalam dua aspek utama, yaitu Intelligent Power dan Intelligent Driving.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan The All-New Nissan LEAF dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). Mengendarai mobil ini akan menyenangkan karena dengan jarak tempuh yang panjang, pengisian daya dapat dilakukan di rumah setiap saat. Dan tak hanya itu Nissan Indonesia juga memberi bonus kepada para calon pembeli Leaf yaitu pemasangan wall charger secara cuma-cuma yang bisa dipasang di rumah atau kantor Anda. Dengan wall charger, pengisian daya baterai Leaf hanya membutuhkan waktu 5 hingga 7 jam saja. 

Pemberian wall charger secara cuma-cuma tersebut merupakan langkah NMDI untuk mengatasi keterbatasan infrastruktur mobil listrik Indonesia.

All-electric powertrain yang diusung oleh The All-New Nissan LEAF menyuguhkan limpahan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

Teknologi terdepan dari Nissan Intelligent Driving pada The All-New Nissan LEAF adalah penggunaan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.

Dan Presiden Jokowi telah mengeluarkan instruksi penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas pemerintah. Permintaan itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Inpres tersebut membahas tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

“Kami berterima kasih kepada PT. PLN Batam karna telah mendukung Inpres dengan telah menggunakan Nissan Leaf sebagai mobil Operasional perusahaannya dan guna mendukung program kendaraan listrik bermotor berbasis baterai (kblbb) tersebut, PT PLN Batam menyediakan satu Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kantor unit pelayanan Bright PLN Batam yang bertempat di Imperium Batam Kota. Sedikit informasi tambahan untuk pembelian mobil Nissan Leaf akan mendapatkan fasilitas Free service & parts 70.000 km atau 5 tahun mana yang tercapai duluan”. Jelas Abdillah Septriawan sebagai Branch Manager Nissan Indomobil Batam.

“Dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 ini, adanya transisi kendaraan operasional konvensional ke listrik. Diharapkan dapat menjadi solusi masalah besarnya subsidi BBM di APBN. Dan saya sangat mendukung Inpres tersebut dan kedepan PT. PLN Batam akan menambah mobil operasional perusahaan menjadi mobil listrik,” terang Karmila, selaku Vice President General Affair (VPGA) PLN Batam.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *