KEPRI

PENDIDIKAN

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Diduga Sebelum "Digarap" Firli KPK, NasDem Percepat Deklarasi Anis Baswedan Capres 2024

Surya Paloh dan Anis. Foto: dtc


JAKARTA - Laporan majalah Tempo yang mengungkap ada upaya Firli Bahuri KPK mau mentersangkakan calon capresnya, Partai NasDem gerak cepat. Anies Baswedan resmi diusung NasDem sebagai capres untuk Pemilu 2024, Senin (3/10/2022) pagi atau lebih cepat dari rencana pada 10 November 2022.

Anies pun memuji konsistensi Ketum NasDem Surya Paloh. Awalnya Anies membacakan manifesto NasDem yang berjudul 'Restorasi Indonesia'. Anies mengatakan sampai saat ini mengingat pesan dalam manifesto NasDem itu.

"Kami mencita-citakan demokrasi Indonesia yang matang, yang menjadi tempat persandingan keragaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan," ujar Anies mengulang isi manifesto NasDem, Senin (3/10/2022).

"Pesan itu saya pegang terus, pesan itu saya ingat terus, pesan itu saya bawa terus sejak dibacakan pada saat itu," imbuhnya.

Anies kemudian menyebut NasDem secara konsisten menjalankan pesan dalam manifesto tersebut. Dia memuji keberanian Surya Paloh soal konsistensi.

"Semangat ini adalah semangat kematangan berdemokrasi, bernegara, untuk menomorsatukan kepentingan negara, kepentingan republik di atas semua. Dan hari-hari ini izinkan saya menyampaikan bahwa Bang Surya Paloh telah menjalankan secara konsisten menjadi teladan bagi kita semu dalam keberanian. Keberanian untuk konsisten, konsistensi membutuhkan keberanian, konsistensi membutuhkan kesolidan pikiran, antara apa yang ada di dalam gagasan, dalam hati dan apa yang di dalam tindakan," ucap Anies.

Anies menyatakan siap menerima mandat NasDem untuk maju Pilpres 2024 sebagai capres.

"Ketika bang Surya dan teman-teman di NasDem mengajak kami untuk berdampingan, untuk berjalan bersama, untuk meneruskan pembangunan republik ini, untuk memperbaiki yang kurang, untuk menuntaskan yang belum, maka dengan memohon ridho dari Allah SWT, dengan memohon petunjuk dari-Nya dan dengan seluruh kerendahan hati, bismillah kami terima dan bersiap untuk menjawab tantangan itu," kata Anies.

Ketum NasDem Surya Paloh mengatakan respons Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang sikap NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai Capres Pemilu 2024. Paloh mengatakan Jokowi menghargai keputusan NasDem.

"Ketika ditanya apakah saya sudah membicarakan, apa tanggapan beliau, misalnya pencalonan bung Anies, kan. Beliau ucapkan 'Ya baik, bagus, saya menghargai itu' dan saya pikir ini lebih dari cukup," kata Paloh saat menjawab pertanyaan dalam jumpa pers di NasDem Tower, Senin (3/10/2022).

Paloh mengatakan komunikasinya dengan Jokowi berjalan intens selama ini. Paloh terakhir bertemu dengan Jokowi sekitar 10 hari lalu.


sumber: detik.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *