EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Jelang Pemilu 2024, KPUD Kota Batam Buka Lowongan 3.464 Petugas Pantarlih

Partalih Pemilu 2024/Ilustrasi


BATAM - Setelah melantik anggota PPS, gerak cepat persiapan Pemilu 2024 terus digesa KPUD Kota Batam. Kini penyelenggara Pemilu itu membuka lowongan bagi petugas atau panitia pemutakhiran data (Pantarlih).

Ketua KPUD Batam Martius menyebut pihaknya membutuhkan sebanyak 3.464 Pantarlih. Jumlah tersebut berdasarkan data penduduk (DP4) yang sudah dipetakan sembanyak 3.464 TPS untuk nantinya dilakukan coklit oleh pantarlih.

Nantinya perekrutan Pantarlih akan dilakukan oleh masing-masing panitia pemungutan suara (PPS) yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah TPS di setiap kelurahan.

"Bagi yang terpilih sebagai Pantarlih, nantinya akan mulai start bekerja pada 6 Februari mendatang," kata Martius, Jumat (27/1/2023)

Adapun persyaratan pendaftaran Pantarlih, berdasarkan keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022, salah satu persyaratannya yakni WNI berusia paling muda 17 tahun, berdomisili di wilayah kerja yang dibutuhkan, tak menjadi anggota parpol, berpendidikan minimal SMA/SMK sederajat, sehat jasmani dan rohani.


"Pantarlih bertugas membantu KPUD, PPK dan PPS dalam menyusun daftar pemilih sekaligus pemutakhiran data pemilih," tegasnya.

Selain itu Pantarlih juga bertugas melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, menyampaikan hasil coklit ke PPS, memberikan tanda bukti terdaftar ke pemilih dan sosialisasi pemilu dor to dor.

"Pantarlih sendiri merupakan badan ad hoc yang sifat kerjanya murni membantu KPUD dalam pelaksanaan pemilu," pungkas Martius.(tgh)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *