EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Suzuki Indomobil Sales: Jenis SUV Penyumbang Tinggi Angka Penjualan Mobil Nasional

Suzuki XL7, model SUV 7 seater paling digemari masyarakat Indonesia mengingat kontur jalan yang tidak rata. (Foto/SIS)


BATAM - Menjadi primadona yang terus bertumbuh di Masyarakat Indonesia, jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) juga menjadi salah satu kategori yang menyumbang angka tinggi pada penjualan mobil Nasional. SUV dinilai memiliki sejumlah kelebihan yang cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Selain itu, perkembangan teknologi membuat SUV menjadi lebih rasional dan efisien. 

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan bahwa dari segi desain, SUV pada umumnya dirancang dengan desain eksterior yang gagah dan elegan. Sedangkan untuk meningkatkan daya tarik pelanggan, kini banyak SUV yang hadir dengan kapabilitas dan kualitas berkendara yang lebih baik, fitur dan teknologi yang fungsional, interior nyaman, peningkatan perangkat keselamatan serta semakin ramah lingkungan.

Donny menambahkan, berikut hal yang patut dipertimbangkan ketika hendak memilih SUV sebagai kendaraan kebanggaan: 

• Dimensi yang pas dengan design sporty 

Ada beberapa kategori dan dimensi yang dapat menjadi pertimbangan bagi pelanggan yang hendak memiliki SUV. Pada umumnya SUV dapat dibedakan dari kategori 2 baris dan 3 baris tempat duduk, selain itu secara dimensi SUV memiliki rentang yang cukup lebar seperti compact, small, medium dan large. Pemilihan dimensi SUV disesuaikan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan seperti design yang sporty, kapasitas penumpang, luas bagasi serta kenyamanan. Belakangan ini, tren dan minat masyarakat terhadap medium SUV pun semakin bertumbuh tinggi. Berdasarkan data Gaikindo selama tahun 2022, medium SUV mampu memberikan kontribusi sebesar  20%  terhadap  total penjualan mobil di Indonesia

• Mesin responsif dan semakin ramah lingkungan 

Awalnya SUV dikenal sebagai kendaraan yang memiliki mesin berkapasitas besar dan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi. Akan tetapi seiring dengan perubahan kebutuhan pelanggan yang menuntut SUV sebagai urban cruiser, para engineer mengembangkan  mesin yang tidak lagi yang besar melainkan mesin yang kompak dan beralih ke efisiensi bahan bakar agar  semakin ramah lingkungan. Kecanggihan teknologi yang di sematkan pada produk SUV menunjang perjalanan dalam kota serta tetap menghasilkan tenaga yang responsif dan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan.

• Ground clearance  tinggi, menambah keyakinan

Umumnya pelanggan memilih SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk menambah keyakinan berkendara saat menghadapi lintasan jalan yang tidak menentu dan kurang baik. Selain itu, tingginya ground clearance juga akan menunjang penampilan sebuah SUV agar terlihat semakin gagah dan berkarakter. Kenyamanan yang seimbang di medan aspal maupun offroad ringan juga menjadi penentuan penting bagi pelanggan untuk membuat pengalaman perjalanan semakin berkesan.

• Teknologi keamanan dan keselamatan memadai untuk memberikan ketenangan

Pendapat tentang SUV adalah mobil yang aman perlu dibuktikan dengan penyediaan kelengkapan yang memadai. Rancang bangun sebuah SUV yang baik akan mementingkan kekuatan konstruksi serta dipadukan dengan perangkat keselamatan untuk memberikan perlindungan bagi pengendara dan penumpangnya, selain itu pemanfaatan teknologi untuk kestabilan berkendara juga menjadi perhatian penting. 

• Reputasi brand  

Di luar dari keunggulan teknis mobil, hal yang tidak kalah penting bagi pelanggan adalah nama besar dan reputasi sebuah brand otomotif yang telah berpengalaman dan piawai dalam menciptakan sebuah SUV yang baik. Suzuki merupakan brand yang telah lama dikenal dan dipercaya sebagai produsen SUV berdimensi kompak, bermesin tangguh dan efisien, serta memiliki kemampuan jelajah yang memuaskan sebagai sebuah SUV. Di Indonesia sendiri, Suzuki sudah memiliki model SUV sejak tahun 1970an hingga 1980an yang populer di jamannya yaitu Jimny dan diteruskan dengan Katana hingga tahun 2000an awal. 

Selain itu, pelanggan di era 1990an juga mendapatkan pilihan beragam dengan hadirnya Vitara, Escudo dan Sidekick yang menjadi idola baru di Indonesia kala itu. Memasuki era tahun 2000an, SUV Suzuki menjadi semakin trendi dengan kemunculan Grand Escudo 2.0, Grand Escudo XL-7 dan Escudo 1.6. Melanjutkan kesuksesan tersebut, Suzuki menghadirkan Grand Vitara 2.0 dan 2.4 sebagai ikon SUV tangguh. Kesuksesan citra Suzuki di model SUV juga turut diperkuat oleh pilihan lain bagi pelanggan di Indonesia, yaitu melalui SX4 X-Over dan SX4 S-Cross, XL7, Ignis, S-Presso hingga Jimny generasi terbaru yang ikonik. Sejarah panjang Suzuki pada model SUV memberikan reputasi positif dan kepercayaan yang tinggi dari pelanggan.


“Membeli SUV memang merupakan hal yang membutuhkan pertimbangan matang, karena selain dari fungsi dan kemampuannya yang memang sesuai untuk berbagai medan di sini, pelanggan juga perlu melihat historis dan reputasi produsen yang telah dikenal piawai dalam menciptakan SUV berkualitas, contohnya seperti Suzuki. Hingga saat ini pun beragam SUV Suzuki masih sering kita jumpai dan digunakan, ini menandakan bahwa ketangguhan Suzuki sangat baik dan teruji,” tutup Donny. (par)







Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *