EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Hadiri Musrenbang Kecamatan Serasan Timur

Wakil Ketua I DPRD Natuna (kiri) bersama Bupati dan Wakil Bupati Natuna ketika menghadiri acara Musrenbang Kecamatan Serasan Timur. Foto: Rus/Kepriupdate


NATUNA - Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Serasan Timur, di Aula Kecamatan Serasan Timur, Sabtu, 11 Februari 2023.


Hadir juga Bupati Natuna, Wan Siswandi, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Aris Munandar, Anggota Komisi I DPRD Natuna, Baharrudin, Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki, Anggota Komisi II, Junaidi, Kepala OPD, Camat, Kades dan Masyarakat Serasan Timur.


Sekretaris Camat Serasan Timur, Karnadi menyampaikan bahwa sebelum musrenbang kecamatan telah dilaksanakan musrenbang desa untuk menampung aspirasi terkait rencana pembangunan di masing masing desa.


“Kami berharap melalui musrenbang ini dapat memenuhi tahapan pembangun dikecamatan serasan timur, sekaligus menetapkan prioritas pembangunan sehingga dapat terciptanya pemerataan pembangunan di desa desa,” jelas Karnadi


Wakil Bupati Natuna, sebagai kepala TPPS Kabupaten Natuna mengucapkan selamat atas penghargaan yang diberikan kepada desa arung ayam sebagai desa bebas stunting.


“Stunting menjadi prioritas pemerintah karena menyangkut kesehatan Balita, Anak dan ibu. Angka stunting di Kabupaten Natuna Nomor 2 tertinggi di provinsi dengan persentase 18 %. Sehingga kami tim TPPS terus mendorong penuturan angka stunting dengan mengejar capain indikator penuruan stunting yang telah ditetapkan oleh kementerian,” ucapnya.



Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan, dengan adanya refocusing anggaran pemerintah terus mendorong tahapan pengajuan usulan psmbangunan harus mengacu pada skala prioritas pembangunan.


“Dengan adanya recofusing anggaran, pemerintah daerah telah melakukan audiensi dengan kementerian dan pemerintah pusat. Dari hasil audiensi tersebut Kabupaten Natuna mendapat berbagai dukungan diantaranya pembangunan bendungan, tambahan daya listrik, pembangunan bendungan dan beberapa pembangunan di berbagai sektor,” jelas Siswandi.


Suasana acara Musrenbang Kecamatan Serasan Timur. Foto: Rus/Kepriupdate. 


Siswandi juga menambahkan bahwa fokus pembangunan pemerintah daerah tidak hanya pada pembangunan fisik, tapi juga pembangunan sumberdaya manusia melalui kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan.


“Saat ini ada banyak trobosan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam penguatan sumberdaya manusia dengan memberikan beasiswa kepada anak daerah untuk berkuliah dibeberapa universitas di Indonesia, yang tujuannya adalah saat mereka telah lulus nanti mereka dapat kembali ke daerah asal dan membangun daerahnya sesuai dengan disiplin ilmu yang di tekuni,” ucapnya.


Terkait penguatan ekonomi, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan pemerintah daerah terus mendorong pembanguan infrastruktur ekonomi.



Bagaimana desa dapat menerapkan sistem ” One Village One Product”, bagaimana daerah dapat memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan produk yang menggambarkan keunikan daerahnya,” tuturnya.

Daeng Ganda dan wabup beserta masyarakat Serasan Timur foto bersama. Foto: Rus/Kepriupdate


Acara Musrenbang Kecamatan Serasan Timur ditandai dengan penyampain langsung usulan pembangunan, diantaranya :

1. Pembangunan Halaman Kantor Camat Serasan Timur.

2. Peningkatan Sinyal di Kecamatan Serasan Timur.

3. Pelebaran Pelabuhan Batu Ampar

4. Pengembangan Wisata Pantai Tebung

5. Pembangunan Rumah Dinas Kecamatan

6. Pembangunan Jalan Desa Payak

7. Lanjutan pembangunan batu miring Kampung Batu Putih

8. Pembangunan Posyandu Desa Arung Ayam

9. Rehab Pemeliharan Jalan Gang Dusun III

10. Revitalisasi pelabuhan Air Nusa

11.Pembangunan Tower Desa Air Lengau

12. Pengadaan Mesin Jahit untuk kelompok perempuan.


Acara musrenbang Serasan Timur dilanjutkan dengan tanggapan langsung oleh tim atensi terkait usulan pembangunan yang diajukan oleh masing-masing desa.(rus)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *