EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Begini Cara Mendeteksi Fungsi Koil Mobil Mengalami Kerusakan, Bensin Terasa Lebih Boros

 

Sebuah koil memiliki peran penting dalam sistem pengapian mobil. Jika koil alami rusak maka memberi efek pincang pada mesin. (Foto : par/krpriupdate)

BATAM - Mengingat begitu pentingnya peran koil pada mesin mobil, maka mengetahui ciri-ciri bagian dari mesin mobil ini mengalami kerusakan sangat penting. Dengan demikian tidak akan terjadi kondisi dimana tiba-tiba mesin mobil tidak bisa menyala saat dihidupkan, atau bahkan mati saat di tengah perjalanan.

Tanda dari koil mobil yang mengalami kerusakan sangat beragam. Tetapi, karena fungsi dari alat ini adalah pada pengapian mesin mobil, maka ciri-ciri bahwa alat ini mengalami kerusakan, tidak jauh dari sistem pengapian mesin mobil. 

Berikut Tips dari Suzuki Indomobil agar konsumen mengetahui tanda-tanda koil mengalami kerusakan :

• Mesin Mobil Susah Dihidupkan dalam Keadaan Udara Dingin

Hal ini tentu sering dialami oleh setiap para pemilik mobil. Mesin yang tiba-tiba menjadi sangat susah dihidupkan, terlebih dalam keadaan cuaca atau udara yang dingin.

Apabila mengalami keadaan seperti ini, maka mewaspadai koil mobil mengalami kerusakan sangat perlu. Karena apabila hal ini dibiarkan saja, lama kelamaan bukan tidak mungkin koil mengalami rusak fatal sehingga mesin tidak lagi bisa dihidupkan.

• Mesin Mobil Tiba-Tiba Mati Dalam Keadaan Panas

Saat dalam perjalanan jauh, dan tiba tiba mesin mobil mati, maka kemungkinan koil mengalami kerusakan juga sagat bisa terjadi. Seharusnya, bila mesin sudah dalam keadaan panas, kondisi dimana mesin mobil tiba-tiba mati tidak akan terjadi.

• Tenaga Mesin Kurang Optimal Dalam Perjalanan Jauh

Keadaan ini biasanya sangat dirasakan ketika mobil dibawa dalam perjalanan yang jauh jika koil bermasalah. Yang bisa dirasakan adalah kondisi dimana mobil bergerak dengan sangat berat dan lambat. Hal ini bisa menjadi indikasi penting kerusakan pada koil.

• Boros Bahan Bakar

Bagi pemilik mobil yang sering melakukan perjalanan jauh, mungkin baru bisa menyadari bahwa bahan bakar akan habis dengan cepat saat mengalami kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan, padahal belum lama baru diisi penuh.

Mobil yang tiba-tiba sangat boros dengan bahan bakar yang digunakan bisa menjadi indikasi koil mobil mengalami kerusakan yang sudah cukup parah. Dalam kasus ini, pemilik mobil harus memperhatikan dengan benar-benar hal tersebut.

Lantas apa yang harus dilakukan bila mobil memiliki ciri-ciri bahwa koil mobil mengalami kerusakan? Hal ini tentu akan menjadi pertanyaan Anda, khususnya yang saat ini kendaraannya dalam kondisi demikian.

Apabila mobil mengalami hal-hal yang menunjukkan bahwa koil mengalami kerusakan, maka sangat disarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat dan menyerahkannya kepada petugas mekanik yang lebih berpengalaman.

Hal ini dikarenakan, untuk bisa memperbaiki koil mobil yang rusak, diperlukan peralatan, pengetahuan, dan keahlian untuk memperbaikinya.

Koil memang salah satu bagian kecil dari beberapa komponen yang ada pada kendaraan bermesin. Akan tetapi, mengingat fungsinya yang sangat besar, maka memiliki sedikit pengetahuan akan alat ini, fungsi, dan cara kerjanya akan sangat besar manfaatnya.(par)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *