EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Macam-macam Mobil Jenis SUV Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memboyong ke Garasi

SUV compact Grand Vitara 2023. Foto/Suzuki Indomobil 


BATAM - Jelang musim libur lebaran Idul Fitri 2023 yang tinggal sebentar lagi, kebutuhan akan kendaraan untuk mudik ke kampung halaman dirasa semakin tinggi. Apalagi saat ini sudah tidak ada lagi larangan dari pemerintah terkait copat copid.


Nah yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kendaraan yang cocok untuk kebutuhan mudik adalah karakter jalan di Indonesia. Nyaris selain jalan tol, jalur lintas tak semuanya mulus apalagi memasuki perkampungan.


Salah satu mobil yang pas dengan medan jalan Tanah Air adalah SUV (Sport Utility Vehicle). Pasalnya SUV merupakan mobil yang memiliki ketangguhan cukup baik untuk perjalanan di segala medan, bahkan termasuk medan berat. Bentuk body-nya yang kokoh dan besar, sehingga termasuk ke dalam jenis mobil adventure (petualangan).


Jika kamu perhatikan baik-baik, mobil jenis SUV merupakan kombinasi antara mobil jeep dengan sedan (station wagon). Jumlah kursi pada mobil jenis SUV tidak sebanyak mobil jenis APV dan MPV, karena memang tidak diperuntukkan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah banyak.


Mobil jenis SUV terbagi menjadi beberapa tipe, di antaranya :


- SUV Mini

Mobil ini memiliki ukuran yang lebih ramping dengan kapasitas silinder dan torsi mesin yang kecil serta bahan bakar bensin. Yang termasuk ke dalam jenis ini di antaranya adalah Suzuki Jimmy, Daihatsu Taruna, Daihatsu Terios.


- SUV Compact

SUV Compact (terpadu) memiliki spesifikasi sebagai berikut, torsi mesin (cc) sedang, yakni 1.8 hingga 2.6 dan diperuntukkan di jalan raya. Contoh mobil jenis SUV Compact di antaranya adalah Nissan X-Trail, Ford Escape, Honda CR-V, Chevrolet Captiva dan Toyota Rav4.


- SUV Sedang

Berikutnya adalah mobil jenis SUV sedang yang ukurannya berada di antara SUV Compact dan SUV Besar. Kapasitas silinder dan torsi mesin antara 2.4 hingga 3.0. Contohnya adalah Toyota Fortuner, Ford Explorer, Mitsubishi Pajero, Nissan Terrano dan Volkswagen Touareg.


- SUV Besar

Untuk mobil jenis SUV Besar memiliki ukuran yang lebih lebar dengan interior yang luas. Torsi mesinnya pun besar di atas 3.0. Bahan bakar yang digunakan oleh mobil jenis ini pada umumnya menggunakan solar (diesel). Contoh mobil SUV Besar adalah Nissan Patrol, Nissan Armada, Toyota Land Cruiser, Hummer dan Land Rover Discovery. (fah)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *