EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Disperindag Bilang Stok Gas Melon Aman Sampai Idul Fitri, Warga Batam : Seperti Cari Jarum di Tumpukan Jerami

Tim Pengendali Inflasi Daerah mematangkan langkah antisipasi kenaikan dan kelangkaan barang kebutuhan pokok masyarakat di Batam. Foto/Rizka-Kominfo


BATAM - Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin memimpin Rapat Koordinasi stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri, Kamis (13/4/2023).


“Untuk gas LPG dilaporkan Kadis Perindag, Gustian Riau bahwa stok selama puasa hingga lebaran nanti aman, baik bagi daerah mainland hingga hinterland. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kelangkaan seperti kemarin terjadi lagi,” tutur Jefridin.


Selanjutnya, laporan rapat terkait stok kebutuhan solar dan pertalite jelang libur panjang. “Disperindag telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait, dan tidak terdapat masalah terkait stok,” kata Jefridin.


Pihaknya mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas kolaborasi yang baik antara Asosiasi Distributor Kota Batam dengan pemerintah, sehingga tingkat inflasi di Kota Batam capai minus.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau menekankan kepada para distributor untuk tidak menimbun kebutuhan pokok selama Ramadan hingga Idul Fitri nanti.


“Apabila ditemukan menimbun atau menaikkan harga, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan, sehingga kami mohon dan berharap untuk memastikan dan melaporkan kesediaan stok,” katanya.


Ketua Asosiasi Distributor Kota Batam, Ariyanto menyampaikan, selama libur panjang dari tanggal 19 sampai 25 April 2023, para distributor diharapkan untuk dapat memperbanyak stok dan menstabilkan harga agar tidak terlalu tinggi.


Namun kenyataan tersebut tak sesuai apa yang disampaikan. Menyusul hingga kini kesulitan warga mencari gas 3 kg atau melon masih saja terjadi.


"Kemarin baru saja beli gas di komplek perumahan semua pangkalan kehabisan stok. Terpaksa cari ke arah Aviari. Cari gas melon seperti cari jarum di tumpukan jerami," kata Idah, warga Tembesi, seraya berharap pemerintah segera sidak pangkalan gas melon.


Sekda Jefridin menyampaikan, Pemko Batam bersama Forkopimda akan menggelar sidak pasar dan gudang, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 18 April 2023.


“Nanti inysallah Pak Wali akan memimpin langsung jalannya sidak," pungkasnya.(fah)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *