EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Kepulauan Mentawai Diguncang Gempa 6,1 Skala Richter, Warga Panik Berhamburan

Peta Pulau Mentawai


PADANG - Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat diguncang gempa berkekuatan magnitude 6,1 pada Minggu sekitar pukul 04.17 WIB.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempat berada di laut atau 177 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai.

BMKG menyebut gempa bumi itu berada dalam kedalaman 19 kilometer atau 0.94 Lintang Selatan dan 98.38 Bujur Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan warga berhamburan keluar rumah untuk menghindari reruntuhan akibat gempa tersebut.

Tidak hanya dirasakan di kawasan Kepulauan Mentawai, gempa juga terasa sampai Siberut, Kota Padang, Payakumbuh hingga Kabupaten Pasaman Barat.

Selain di Kepulauan Mentawai di hari yang sama sekitar pukul 00.09 WIB, gempa juga terjadi di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Gempa magnitude berkekuatan 5,9 ini berpusat di 173 kilometer tenggara Nias Selatan. Lokasi gempa berada di 0,86 Lintang Selatan (LS)-98,43 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 40 kilometer.

BMKG menginformasikan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat mengimbau agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Gempa yang memiliki kedalaman 40 kilometer tersebut juga dirasakan masyarakat di beberapa daerah, yakni Siberut, Pasaman Barat, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kota Padang Panjang, dan Pulau Tello. (tgh)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *