EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

TMMD ke-116 Resmi Digelar, Ketua DPRD Batam Nuryanto Berikan Respon Positif

Ketua DPRD Batam Nuryanto menyerahkan piagam TMMD kepada warga Sambau. Foto/Waldi


BATAM - Sebagai bentuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat, Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam bersama Forkompinda di Kota Batam melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 tahun 2023 dengan mengusung tema 'Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanggulanan TNI-Rakyat Semakin Kuat'.


Kegiatan yang digelar di Kaveling Seraya, Kelurahan Sambau, Nongsa, Batam pada Rabu (10/5/2023) pagi ini, dihadiri unsur-unsur pimpinan di Kota Batam. Antara lain Wali Kota Batam HM Rudi, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto S.H., M.H, serta Forkompinda dan tamu undangan. 


Komandan Kodim 0316/Batam Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Galih Bramantyo yang juga Dansatgas TMMD ke-116 Kodim 0316/Batam mengatakan bahwa TMMD ke-116 TA 2023 ini, menjadi sarana bagi TNI untuk meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan di daerah. 


Dimana program ini meliputi pembangunan obyek fisik dan non fisik, meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan masyarakat dan mempertebal cinta tanah air serta wawasan kebangsaan. 


"Kegiatan ini digelar sejak 10 Mei hingg 8 Juni 2023. Dengan fokus program kerjanya terdiri dari fisik dan non fisik," tegasnya. 


Seperti pelebaran dan semenisasi jalan sepanjang 1.448 meter, perbaikan drainase dengan panjang 345 meter, pembuatan gorong-gorong atau box culvenrt dengan panjang 4 meter. 


"Serta melakukan penyuluhan hukum, kesehatan , narkoba, radikalisme, ekonomi kreatif hingga wawasan kebangsaan dan bela negara,' terangnya. 


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto berharap program ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Batam. 


"Program TMMD ini pada hakikatnya membantu Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan. Dan dengan adanya TMMD ini, maka dapat meningkatkan kepedulian sosial dan semangat kebersamaan memajukan daerah  baik itu ditingkat kelurahan maupun desa," katanya.


"Jadi semua program TMMD ini, orientasinya untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk itu kita patut syukuri, TNI selalu ada untuk masyarakat,” tambahnya. 


Pria yang akrab disapa Cak Nur ini juga berharap hubungan TNI dengan masyarakat harus tetap terjaga. Selain untuk memperkokoh pertahanan, TNI juga berkontribusi terhadap pembangunan daerah.


“Tentu kemanunggalan TNI dengan masyarakat harus tetap dipupuk dan dijaga dengan baik. Dan kami dari unsur pimpinan dan anggota di DPRD Kota Batam sangat mendukung TMMD ke-116 tahun 2023 ini,” tutupnya. 


Hal senada juga diungkapkan Wali Kota Batam HM Rudi yang mengatakan bahwa TMMD merupakan wujud operasi bakti TNI selain perang. Yang merupakan suatu program terpadu antara TNI AD dengan Pemerintah Daerah dengan tujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah bisa terangkat


Selain saaraan pokoknya yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah , TMMD juga bertujuan untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat. 


"Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah momentum bagi kita semua untuk lebih mempekuat hubungan antara TNI , seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, serta seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan kota Batam sebagai Batam kota baru," tegasnya. (tgh)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *