EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

DPRD Gelar Paripurna Dukungan Pembentukan Provinsi Natuna Anambas

 

Foto bersama DPRD Natuna dan Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Kepulauan Natuna Anambas. Foto/Rusdi

NATUNA - DPRD menggelar paripurna dengan agenda penentuan dukungan terhadap badan perjuangan pembentukan Provinsi Natuna - Anambas, Selasa 6 Juni 2023.


Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar didampingin Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik serta dihadiri oleh sebagian besar Anggota DPRD Natuna. 


"Berdasarkan Tatib dan Mekanisme Dewan, rapat ini dinyatakan korum dan dapat dilanjutkan," kata Ahmar ketika membuka rapat.


Daeng Amhar kemudian mempersilahkan Badan Perjuangan Pementukan Provinsi Natuna Anambas memaparkan hal-hal yang berkenaan dengan perjuanganya.


"Sebelum kita buka dialog kita kasi kesempatan dulu kepada badan perjuangan untuk menjelaskan," imbuhnya.


Sementara Ketua Badan Pembentukan Privinsi Natuna - Anambas Umar Natuna menjelaskan, proses perjuangan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Natuna-Anambas sedang berjalan.


Saat ini badan ini sedang melaksanakan penyempurnaan proposal pembentukan DOB untuk segera dikirim ke pusat.


"Sementara maksud tujuan kami kemari untuk memohon dukungan tertulis dari DPRD Natuna sehingga perjuangan ini berjalan lebih lancar," kata Umar.


Ia menuturkan, permohonan yang sama sudah dilayangkan kepada semua pihak termasuk kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Natuna.


 "Kalau pemerintah daerah kami tinggal nunggu schedule dari Pak Bupati," katanya.


Dengan begitu ia berharap DPRD Natuna dapat memberikan dukungan tertulis kepada badan perjuangan ini sehingga menjadi lebih kuat dan ampuh.


"Maka partisipasi DPRD Natuna sangat kami harapkan, karena dukungan ini akan memperkuat perjuangan," tutupnya.


Mendengar pemaparan itu, Ketua DPRD Natuna langsung menyatakan kesiapannya memberikan dukungan, namun seblum itu diputuskan ia membuka dialog dengan seluruh Anggota DPRD Natuna.


"Kepada rekan-rekan silahkan menyampaikan pendapatnya," tegas Amhar,


Sementara anggota DPRD Natuna, Pang Ali meminta agar perjuangan yang dilakukan murni keinginan bersama bukan bertujuan untuk politik.


"Apalagi menjelang pemilu 2024, kita berharap tidak saling bersinggungan tapi bagaimana kita menyatukan perspektif agar perjuangan ini bisa berjalan dengan sempurna," pintanya.


Di akhir acara dilaksanakan penyerahan dokumen draf proposal Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Kepulauan Natuna Anambas ke Ketue DPRD Natuna untuk di bahas lebih lanjut bersama anggota DPRD sebelum menyampaikan pendapat akhir Fraksi.(rus)




Editor : Teguh