EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Ketua DPRD Nuryanto Pimpin Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Batam ke-194

Nuryanto, Ketua DPRD Batam beserta Walikota dan Wagub Kepri pimpin Rapat Paripurna hari jadi Batam. Foto/Waldi


BATAM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Batam ke-194 tahun 2023, Senin (18/12/2023).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, S.H., M.H., didampingi Wakil Ketua I, II dan III. Pemko Batam dihadiri oleh Walikota Batam, H. M. Rudi dari Provinsi Kepri, diwakilkan Oleh Wakil Gubernur Kepri, Hj. Marlin Agustina.    Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Wakil Walikota Batam, Sekretaris Daerah Kota Batam, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Batam, Kepala BP Batam, pimpinan instansi sipil dan militer di Kota Batam, serta tokoh-tokoh masyarakat, agama, pemuda, wanita, dan organisasi keagamaan.

Dalam pidatonya, Nuryanto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan inayah-Nya yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat menghadiri rapat paripurna ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Ia juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah berkenan meluangkan waktu dan meringankan langkah untuk menghadiri acara ini.

Nuryanto menjelaskan bahwa rapat paripurna ini merupakan rapat DPRD yang dilaksanakan untuk acara tertentu dan tidak mengambil keputusan, sesuai dengan ketentuan Pasal 93 ayat (1) huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018. Oleh karena itu, ia membuka rapat paripurna ini secara resmi dan menyatakan terbuka untuk umum.

Nuryanto juga mengingatkan bahwa hari jadi Kota Batam ditetapkan tanggal 18 Desember 1829, berdasarkan peristiwa ketika Raja Isya ibni Raja Ali diberi kuasa sebagai pemegang perintah atas Nongsa dan rantau takluknya yang dikeluarkan oleh Komisaris Jenderal atau Residen Riau, sesuai dengan ketentuan Pasal 3 Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 4 Tahun 2009 tentang Hari Jadi Batam.

Nuryanto menekankan bahwa hari jadi Batam merupakan momentum untuk merefleksikan perjalanan sejarah, perkembangan, dan kemajuan Kota Batam yang telah dicapai selama ini. Ia juga mengapresiasi kerja sama dan sinergi antara pemerintah, DPRD, BP Batam, dan seluruh stakeholder yang telah berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Batam.

Nuryanto berharap bahwa hari jadi Batam dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk terus melaju menuju Batam kota baru yang lebih maju, mandiri, dan berdaya saing. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Batam untuk bersama-sama menjaga persatuan, kesatuan, dan keharmonisan dalam bingkai NKRI.

Rapat paripurna ini juga diisi dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dr. H. Zulkarnain, S.Ag., M.H. Selain itu, rapat paripurna ini juga diselingi dengan tari persembahan dan penyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Rapat paripurna ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemko Batam dalam rangka memeriahkan hari jadi Batam ke-194 tahun 2023. Rangkaian kegiatan lainnya antara lain ziarah ke makam zuriat Nong Isa, pawai budaya, dan malam anugerah Batam madani.

Ditempat yang sama Wakil Gubernur Kepri, Hj. Marlin Agustina menyampaikan momentum peringatan hari Jadi Batam Ke-194 Tahun 2023 diharapkan menjadi wadah refleksi serta rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Perjalanan Batam yang telah mencapai usia saat ini diharapkan mampu berkaloborasi serta menciptakan inovasi menuju masa depan yang lebih baik serta gemilang.

Marlin juga menambahkan, peringatan hari jadi Batam telah memberikan sumbangsih proses pembangunan di Kota Batam khususnya dan Kepri pada umumnya guna mencapai kemajuan yang gemilang. Kemajuan dalam pembangunan infrastruktur, kemajuan perekonomian serta industry di batam sangalah membantu. Terutama dari kalangan swasta yang berada di Kota Batam, melalui kerjasama serta komitmen dan kaloborasi dengan swarta mari kita tingkatka demi kemajuan Batam yang gemilang.

Marlin juga berpesan, peringatan hari Jadi Batam jangan dijadikan sebagai kegiatan rutinitas setiap tahunnya, akan tetapi peringatan hari jadi batam kita nikmatii kebahagian serta momen ini. Semoga keberhasilan dan kemakmuran menjadikan Batam lebih maju lagi,” terang Wagub Kepri. (tgh)




Editor : Rozi


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *