EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Dramatis, Timnas Indonesia Akhirnya Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar

Timnas Indonesia melakukan sesi foto bersama saat akan berlaga di Piala Asia 2023 Qatar. Foto/net


QATAR - Nasib baik rupanya masih berpihak pada Timnas Indonesia di Piala Asia 2023  Qatar. Anak asuh Shin Tae Yong itu akhirnya finis di posisi keempat klasemen tiga terbaik dan berhak lolos ke babak 16 besar.


Hal tersebut berkat hasil imbang 1-1 yang diraih Oman vs Kirgistan pada laga terakhir Grup F. Pada laga tersebut, Oman sebenarnya lebih dulu unggul saat laga berusia delapan menit. Adalah Muhsen Al Ghassani yang jadi pemecah kebuntuan melalui kemelut di depan gawang Kirgistan.

Akan tetapi, Kirgistan mampu bangkit di babak kedua. Joel Kojo berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-80 memanfaatkan blunder dua pemain Oman.

Kiper Ibrahim Al Mukhaini dan salah satu pemain belakang salah pengertian dalam perebutan duel bola atas. Keduanya bertabrakan dan membuat Kojo leluasa melepaskan bola ke gawang yang kosong.

Hasil imbang yang diraih Kirgistan vs Oman menguntungkan Indonesia. Skuad Garuda 
berhak lolos ke fase knock out lewat jalur peringkat ketiga terbaik dengan raihan tiga poin.

Skuad arahan Shin Tae Yong menjadi satu-satunya tim empat besar yang mengemas tiga poin. Tiga tim lainnya, Yordania, Palestina, dan Suriah mengoleksi empat angka.

Lolos ke babak 16 besar menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan selanjutnya akan menghadapi Australia di Stadion Jassim bin Ahmad pada 28 Januari mendatang.

Klasemen Akhir Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023:

1. Yordania 4
2. Palestina 4
3. Suriah 4
4. Indonesia 3
5. Oman 2
6. China 2







Editor : Rozi
Sumber : CnnIndonesia.com