HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Ubah Tempurung Kelapa Jadi Benda Kerajinan Bernilai Tinggi, PKPM Mutiara Dongkrak Ekonomi Warga

[caption id="attachment_5571" align="alignleft" width="290"]Tempurung kelapa jadi benda kerajinan bernilai ekonomis foto: net Tempurung kelapa jadi benda kerajinan bernilai ekonomis foto: net[/caption]

LINGGA - PKPM Mutiara, salah satu organisasi yang dibentuk Madar Madir, tokoh di Kecamatan Singkep sukses memajukan perekonomian warga miskin di Lingga.

 

Mereka mengubah tempurung kelapa tak berguna menjadi alat bernilai ekonomi seperti piring, sendok makan, sendok nasi.

 

"Alhamdulillah berkat pak Madar kami ada pemasukan per harinya, dulu kami susah untuk cari makan," kata Minah (52) warga Kampung Niur Kecamatan Singkep Lingga kepada kepriupdate.com, Rabu (29/4/2015).

 

Menurut Madar, bahan tersebut dibeli dari warga dengan harga satu karung hanya Rp50 ribu. Dan kelompok usahanya terdiri dari ibu-ibu setempat dengan upah borongan, perorang mendapat bagian Rp45.000.

 

"Kelompok usaha kami ini telah berdiri satu tahun lebih," katanya.

 

Dengan hadirnya kelompok usaha tersebut membuat warga merasa senang. "Sekarang saya dapat membantu keuangan untuk menambah biaya bantu-bantu suami, maklum lah sekarang cari kerja susah, jadi mau tak mau harus bantu suami," ujar Imah, warga lainnya.

 

PKPM ini sekarang tinggal mencari pasaran di luar untuk menjual hasil kerajinan mereka apakah diexspor atau dijual di wilayah Batam dan Tanjungpinang.

 

"Kami sangat menanti bantuan dari calon pembeli. Bila nanti ada yang berminat silakan hubungi kami," katanya.

 

Ia juga berharap uluran bantuan modal dari Pemerintah Lingga agar usahanya bisa berjalan lancar dan membantu warga yang tak punya pekerjaan. (misranto)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *