HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Astaga, Batam Jadi Kota Pengangguran Terbanyak di Indonesia

 

BATAM - Hasil survei yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam terlihat jelas angka pengangguran di Kota Batam setiap tahunnya terus meningkat tajam.

 

Pada tahun 2012 angkanya sebanyak 25.391 orang. Lalu tahun 2013 menjadi 32.031 orang dan tahun 2014 tembus menjadi 35.735 orang. Tahun 2015 jumlahnya diperkirakan akan terus melonjak tajam seiring bobroknya perekonomian dan banyaknya perusahaan yang hengkang dari Batam. 

 

Tahun ini Januari sampai bulan Mei saja sudah ada 11 perusahaan yang tutup dengan alasan tidak ada orderan ataupun Pailit. Perusahaan itu adalah, PT Nakano S Batam, Hidro Jet Marine, ‎PT Yee Woo Indonesia, PT Seamens Hearing Instrumen, PT Fujitek, PT Security Manajemen, PT Bintan Anugerah, PT Nidex Sank yo, PT Diva Sarana Metal, PT Jasa Prima Mandiri dan PT Heat Exchanger Indonesia.

 

Sementara angka pencari kerja dari daerah terus membludak, terlebih di awal tahun kelulusan tingkat SMA dan usai lebaran Idul Fitri seperti saat ini.

 

"Kalau ditanya angka pengangguran di Kota Batam, pastinya lebih tinggi dibanding pencari kerja," tutur Elisabeth, Kasie Informasi Pasar Kerja Disnaker Batam.

 

Kondisi ini menurut warga Batam akan membahayakan bagi imej dan keamanan masyarakat. Sebab akan banyak terjadi tindak kriminalitas. Pertanyaan besarnya dimana peran Pemko Batam dan Otorita Batam ?(red/david)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *