HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Ini Dia Solusi Memajukan UKM Tanah Air

[caption id="attachment_6868" align="alignleft" width="290"]Salah seorang pelaku UKM melakukan tes mesin XL Salah seorang pelaku UKM melakukan tes mesin XL[/caption]

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri perekonomian kecil dan menengah (UKM) serta koperasi telah menjadi penyokong perekonomian tanah air dari terpaan badai krisis moneter tahun 1997 silam. Dan kini UKM kembali diuji dengan hadirnya gelombang merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika hingga Rp14.750/USD.

 

 

Banyak UKM ikut kena imbas akibat daya beli masyarakat melemah. Namun perusahaan seluler tanah air PT XL Axiata kini mengeluarkan solusi untuk pelaku UKM dengan menghadirkan Internet of Things.  Dengan ini XL berkomitmen untuk selalu mendukung usaha UKM salah satunya mengembangkan solusi inovatif bernama “XL Pay Point” yang dapat meningkatkan produktivitas UKM.

 

 

Dengan solusi terbaru ini, pelaku UKM akan lebih mampu menjangkau individu yang menjadi target market mereka, terutama mereka yang selama ini belum memiliki akses ke jasa layanan perbankan atau belum memiliki rekening bank.
 

Direktur Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “XL Pay Point sekaligus juga akan bermanfaat bagi para Penyedia Jasa Pembayaran Online (Payment Point Online Bank/PPOB). Layanan ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam mempermudah transaksi penjualan dengan para pelanggannya, terutama di kota-kota kecil di mana masyarakat belum banyak yang menggunakan transaksi elektronik menggunakan ponsel.

Solusi ini terdiri dari aplikasi, paket data XL dan perangkat Pay Point berupa mesin penjual otomatis mini vending machine. Alat ini bisa diletakkan di tempat-tempat strategis, yang mudah dijangkau oleh pelanggan atau pasar yang disasar pengusaha terkait. XL Pay Point dapat dimanfaatkan antara lain untuk menjual jasa dan barang seperti pengisian pulsa, dompet elektronik, kredit permainan, pembelian Starter Pack maupun transaksi keuangan seperti pembayaran pinjaman cicilan dan tagihan.

Para pelaku UKM bisa memanfaatkan solusi inovatif ini dengan sistem kontrak berlangganan selama setahun. Solusi ini ditawarkan secara bundling yang terdiri dari perangkat mesin elektrik, aplikasi transaksi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta layanan paket data XL. XL kini telah siap menawarkan layanan ini ke seluruh area operasi XL, baik di area Jabotabek maupun di luar daerah.

"Dengan ini pengusaha UKM atau koperasi tidak perlu lagi membuka kios tradisional yang memerlukan banyak investasi. Karena pelanggan akhir yang tidak memiliki rekening bank (unbankable) dapat dengan mudah melakukan pembelian maupun transaksi pembayaran lainnya. Kita berharap dapat bermanfaat untuk memperluas dan mempermudah distribusi jasa kepada pelanggan," ujar Ongki kepada kepriupdate.com, Selasa (29/9/2015).

Bertransaksi dengan XL Pay Point sangat mudah. Pembeli atau pelanggan UKM tinggal memasukkan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan nominasi yang tertera di mesin. Selanjutnya, pelanggan memilih menu transaksi yang dikehendaki dari layar monitor dan kemudian secara otomatis XL Pay Point akan memproses transaksi tersebut.

Pengujian solusi XL Pay Point ini telah dilakukan di beberapa UKM penyedia jasa telekomunikasi (dealer) yang berlokasi di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Hasil uji coba menunjukkan potensi besar dari mesin ini, sekaligus optimisme para pelaku UKM atas manfaat yang terkandung. Solusi ini dapat memudahkan akses pelanggannya untuk melakukan transaksi pembelian pulsa prabayar tanpa harus kesulitan mencari tempat penjualan tradisional.
"Penggunaan sistem automisasi dari solusi ini juga dirancang untuk meningkatkan pelayanan penjualan dan penetrasi produk maupun jasa ke sasaran pelanggan akhir," pungkasnya. (taher)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *