HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

Jelang Ramadhan, Warga Batam Padati TPU Seitemiang

 

BATAM - Sehari jelang bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah, ratusan warga Batam memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) Seitemiang, Minggu (5/6/2016).

 

Kegiatan tersebut dilakukan, selain berdoa juga untuk membersihkan makam sanak keluarga yang telah lebih dahulu menghadap Allah.

 

Ziarah kubur tersebut bukan tradisi, tetapi bagian dari sunnah Rasulullah yang dianjurkan. Selain bermanfaat bagi almarhum/almarhumah, ziarah dimaksudkan agar umat muslim selalu ingat kematian, tentunya lebih memantapkan keimanan kepada Allah subhanawata'ala.

 

Ramainya para peziarah yang datang ke TPU Seitemiang dimanfaatkan oleh beberapa warga mengais rezeki dengan menjual bunga dan air. Para pedagang bunga dan air basuh makam mengaku untung banyak.

 

Untuk satu kantong plastik bunga dibanderol Rp 5 ribu, sementara untuk satu botol air basuh makam dipatok Rp 5 ribu. Para pembeli merasa tidak keberatan menyusul harga tersebut masih sangat terjangkau.

 

Tidak saja menjual bunga dan air, para pedagang juga menyediakan cangkul untuk peziarah yang ingin membersihkan makam.

 

Maka tidak bisa dibantah lagi, jika bulan suci Ramadhan memang bulan berkah untuk semua manusia. Tidak saja kaum muslim tetapi bagi non muslim yang berdagang laris manis diborong muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa. (man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *