HEADLINE NEWS

EKONOMI

POLITIK

BATAM

BINTAN

60 Perusahaan Gulung Tikar di Batam

 

 
BATAM - Tutupnya PT Sanyo Energy menambah daftar jumlah perusahaan gulung tikar di Kota Batam. Dari catatan Disnaker sepanjang tahun 2016, sebanyak 60 perusahaan resmi hengkang.

 

"Hingga bulan Oktober ada 59 perusahaan tutup di Batam dengan ditambah yang terakhir PT Sanyo Energi maka genap ada 60 perusahaan tutup," ungkap Kadisnaker Batam Rudi Sakyakirti di kantornya, Rabu (2/11/2016).

 

Menurut Rudi, selain perusahan elektronik maupun manufacturing, umumnya perusahaan tutup itu didominasi industri shypiard atau galangan kapal. Namun demikian pihaknya tidak bisa menyebutkan berapa jumlah tenaga kerja korban PHK akibat tutupnya perusahaan.

 

"Yang pasti jumlah karyawan terkena PHK pasti tidak sama saat perusahaan tersebut mau tutup," jelas Rudi.

 

Ia mengatakan rata-rata penyebab tutupnya perusahaan di Batam cukup beragam, mulai konflik internal, sepi proyek, kalah bersaing hingga akibat tidak mendapatkan izin kuota impor dari BP Batam.

 

Kondisi tersebut jelas sangat meresahkan bagi masyarakat Batam terlebih kini angka pengangguran terus membengkak. Diperkirakan Pemko maupun BP Batam akan sulit mendatangkan investor luar negeri menyusul gelombang demonstrasi tolak UWTO dan pembubaran BP Batam masih panas dilakukan. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *