EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

6 Warga Batam Tewas Diserang AIDS

BATAM - Virus mematikan AIDS benar-benar jadi momok menakutkan bagi setiap orang. Buktinya, penyakit yang belum ada penawarnya ini sudah merenggut 6 warga di Batam selama bulan Januari 2013. Dari semua korban tewas dan terjangkit, yang paling banyak berasal dari kaum laki-laki dan berumur dewasa.

Menurut Kepala Sekretaris KPA Kota Batam, Pieter P Pureklolong, kasus ini merupakan paling parah yang pernah terjadi di Batam.

"Melihat statistik yang ada, tentu kematian akibat virus HIV AIDS ini sangat tinggi dibanding periode yang sama di tahun lalu," kata Pureklolong, Minggu (31/3/2013).

Ia menjelaskan angka kematian ini yang terdata, sementara masih banyak warga tidak melapor atau dikarenakan ketidaktahuan tentang AIDS.

"Ini seperti fenomena gunung es, kita tidak tahu mungkin bisa dua kali lipatnya yang tak diketahui," imbuhnya.

Selama Januari 2013, di Batam tercatat ada 83 kasus. Sedangkan di bulan Februari berjumlah 12 kasus. Pengidap HIV AIDS ini terang Pieter karena tidak setia dengan pasangan dan penggunaan jarum suntik narkoba secara bergantian.

Temuan data terkini tersebut menambah daftar panjang penderita HIV AIDS di Batam. Tahun 2011 ada 397 orang. Sementara di tahun 2012 naik hingga 524 orang. (redaksi)