EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Keutamaan Ilmu dalam Islam

 

[caption id="attachment_2667" align="alignleft" width="299"]Bocah-bocah nampak serius membaca Alquran dengan bimbingan guru. Ft.net Bocah-bocah nampak serius membaca Alquran dengan bimbingan guru. Ft.net[/caption]

KEPRIUPDATE.COM - "Tuntutlah ilmu walau harus ke negeri Cina" ini merupakan petikan hadis Nabi tentang pentingnya ilmu dalam islam. Ya Islam memang sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan karena dengannya arah hidup umat akan berjalan lurus. Bahkan sangkin pentingnya ilmu Baginda Nabi Muhammad SAW berulang kali menegaskan dalam hadisnya.

Dari Abi Hurairah Ra, Nabi SAW bersabda; "Barang siapa berjalan untuk keperluan ilmu, maka Allah membimbingnya ke jalan surga. Dan sesungguhnya orang alim itu dimintakan ampunan oleh siapa-siala yang di langit dan siapa-sipa yang di bumi, dan sesungghnya ulama itu para pewaris Nabi"

 

Kemudian Nabi kembali bersabda yang diriwayatkan Abi Dzarrin. "Hai Abaa Dzarrin, sesungguhnya engkau pergi lalu mengajarkan satu bab dari kitabullah ta'alaa/ Alquran, itu lebih baik bagimu daripada engkau shalat seratus rakaat dan sesungguhnya engkau pergi lalu mengajarkan satu bab dari ilmu. Diamalkan atau tidak itu lebih baik bagimu dari pada engkau shalat seribu rakaat".

 

Rasulullah lalu kembali menegaskan betapa pentingnya ilmu dalam Islam. "Barang siapa mempelajari satu bab dari ilmu, dengan maksud akan mengajarkannya kepada orang, maka diberikan kepadanya pahala tujuh puluh nabi".

 

Kemudian Rasulullah kembali bersabda "Saya bertanya kepada Jibril tentang orang yang memiliki ilmu: maka dia menjawab; "Mereka adalah laksana pelita bagi umatmu di dunia dan di akhirat. Maka untung sekali bagi umatmu yang mau mengerti pewaris ilmu, dan celaka bagi umatmu yang mengingkari mereka dan menjadikan kemarahan mereka." (wawan/durratun naashihin)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *