EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Sifat Dengki Yang Tercela

KEPRIUPDATE.COM - Allah ta'ala berfirman dalam surat Al Maaidah ayat 27. "Bacakanlah kepada mereka berita dua anak Nabi Adam dengan sebenarnya, ketika keduanya berkurban dengan satu kurban tidak diterima. Kata (yang tidak diterima korbannya) : "Sungguh engkau kubunuh". Jawab (yang diterima kurbannya) : "sungguh Allah hanya menerima (pengorbanan) dari orang-orang yang bertaqwa".


Ayat tersebut jelas menerangkan bahwa sifat hasud atau dengki amat dimurkai oleh Allah. Pasalnya sifat ini menjadikan seseorang menjadi kafir.


Ahli hikmah menyebut, sumber-sumber dosa itu ada tiga yaitu dengki, rakus dan sombong. "Tiga orang yang doanya tidak dikabulkan yaitu orang yang makan haram, banyak mengghibah dan orang yang hatinya terdapat rasa dengki terhadap orang Islam," Abu Laits, Ahli Fiqih.


Dari Athiyyah bin Auzatas Sa'dy menyebut Rasulullah bersabda "Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan itu diciptakan dari api. Sesungguhnya api itu akan bisa mati dengan air. Maka apabila seseorang dari antaramu itu marah, hendaklah dia berwudhu."

(wawan/durratun nasihin)