EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

TNI AL Tembak Kapal Pencuri Ikan di Anambas

[caption id="attachment_2650" align="alignleft" width="300"]Patroli ilegal fishing TNI AL di Anambas membuahkan hasil. Dua kapal asing asal Malaysia ditangkap. Ft. Jon Patroli ilegal fishing TNI AL di Anambas membuahkan hasil. Dua kapal asing asal Malaysia ditangkap. Ft. Jon[/caption]

ANAMBAS - Patroli TNI AL terhadap aktivitas ilegal fishing di laut Anambas membuahkan hasil setelah KRI Sutedi Senoputra-378 yang dikendarai menembakkan pelurunya tepat mengenai buritan kapal penggarong ikan tersebut.

Aksi penyergapan pada Jumat (14/11/2014) pagi sekitar pukul 06.00 WIB lalu. Dua kapal asing itu diamankan dari tempat yang berbeda.

Namun tidak mudah untuk mengamankannya, saat akan ditangkap, sempat terjadi perlawanan dan berupaya kabur dari kejaran TNI AL. Sehingga KRI yang dikomandani Mayor Laut (P) Hendra Astawan terpaksa memberikan tembakan peringatan.

"Kapal pertama dengan nomor lambung KNF 7424 berhasil kita tangkap tanpa perlawanan. Di sini ada sembilan anak buah kapal (ABK), enam merupakan warga negara Thailand, dan tiga warga Myanmar," jelas Hendra Astawan kepada media ini.

Sementara kapal pencuri ikan satunya lagi bernama Kour Son 77, melawan. Kapal ini berusaha menabrak KRI Sutedi Senoputra-378 yang ditunggangi TNI AL. Beruntung cepat ditembak tepat pada buritannya.

"Enam orang ABK dua di antaranya berkewarganegaraan Thailand dan tiga berkewarganegaraan Myanmar serta satu orang berkewarganegaraan Laos, berhasil kita ciduk," bebernya lagi.

Menurut dia para pencuri ikan tersebut mengantongi izin dari Malaysia. Selain barang bukti, tidak ditemukan senjata api dan narkoba di dalamnya. "Kapal ini kita serahkan ke Lanal Tarempa untuk diproses lebih lanjut," pungkasnya. (jon)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *