EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Trafik Data XL Capai 500 Terabytes Per Hari

[caption id="attachment_5865" align="alignleft" width="290"]Peserta NetRally XL di Kota Padang. foto: humas XL Peserta NetRally XL di Kota Padang. foto: humas XL[/caption]

PADANG - Meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia mendorong lonjakan layanan data di setiap operator seluler. Seperti PT XL melayani trafik data sebesar 500 terabytes per hari. Sedangkan trafik percakapan 470 juta menit per hari dan trafik SMS 525 juta SMS per hari.

 

Dan guna memberi rasa nyaman pelanggan selama bulan Ramadan dan Lebaran Juni-Juli mendatang.  XL menggelar net rally (uji jaringan) secara serentak di lima wilayah operasional dengan mengajak perwakilan dari berbagai media massa, di Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan. 

 

Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, kenaikan trafik tidak hanya terjadi di Jawa, namun juga di berbagai  wilayah lainnya. "Ramadan dan Lebaran, umat Islam akan banyak menggunakan layanan selulernya, baik Voice, SMS, maupun juga Data untuk bersilaturahim. Kami  akan siaga 24 jam sehari selama momen ini berlangsung,” ujarnya.

 

Selama Ramadan dan Lebaran nanti diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5-10% untuk layanan voice atau telepon, 10-15% pada SMS, dan 20-30% di data, dibandingkan dengan trafik di hari biasa. Kenaikan trafik terbesar akan terjadi pada layanan data mengingat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan berbagai aplikasi sosial media, tidak hanya di kota besar namun juga di berbagai wilayah/pelosok daerah lainnya.

 

 

Kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Lampung, Sumatera Barat, dan Bangka, dengan rata-rata kenaikan sebesar 13%. (red/yul)