EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Ini Alasan Indosat Ooredoo Gandeng XL

 

 

[caption id="attachment_7897" align="alignright" width="290"]Seorang teknisi XL mengecek kesiapan jaringan 4G di Mataram. foto: humas XL istimewa kepriupdate Seorang teknisi XL mengecek kesiapan jaringan 4G di Mataram. foto: humas XL istimewa kepriupdate[/caption]

JAKARTA - Dua operator besar tanah air XL Axiata dan Indosat Ooredoo sepakat menjalin kerjasama jaringan untuk 4G LTE melalui MORAN (Multi Operator Radio Access Network).

 

Kedua operator akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin dan berencana untuk memperluas kerjasama ini untuk beberapa kota lain guna mendukung agenda ekonomi digital di Indonesia.

 

Kerjasama jaringan atau lebih dikenal dengan istilah ‘network sharing’ sudah diimplementasikan di beberapa negara maju – yang memungkinkan para operator untuk memberikan jangkauan jaringan lebih luas.

 

President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyatakan, kerjasama tersebut merupakan bagian dari komitmen XL untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang merata di wilayah Indonesia.

 

"Ini upaya kami untuk mendorong daya saing perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama dan juga membawa keuntungan bagi pelanggan kami, sehingga pada akhirnya akan semakin mempercepat bergulirnya ekonomi digital di Indonesia," ujar Dian.

 

"Kami senang dapat bekerjasama dengan XL Axiata. Melalui inisiatif ini kami juga mendukung usaha pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing serta memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien, mengurangi impor komponen dan fokus pada investasi dalam negeri," ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo. (lukman)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *