BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

KARIMUN

Kota Batam Alami Gerhana Matahari Sebagian

 

 

Terjadi 9 Maret, Mulai Pukul 06.22 hingga 08.33 WIB

 

[caption id="attachment_8502" align="alignleft" width="290"]Kepala BMKG Hang Nadim menunjukkan citra satelit fenomena gerhana matahari sebagian di Kepri yang akan datang. foto: alfie/kepriupdate Kepala BMKG Hang Nadim menunjukkan citra satelit fenomena gerhana matahari sebagian di Kepri yang akan datang. foto: alfie/kepriupdate[/caption]

BATAM - Hujan meteor yang terjadi di Skotlandia kemarin, tidak akan terjadi di Kepulauan Riau. Penegasan itu diungkapkan Kepala stasiun kelas 1 BMKG Hang Nadim Batam.

 

"Kepri aman dari fenomena alam hujan meteor 2016," kata Philip Mustamu kepada kepriupdate.com, Jumat (4/3/2016).

 

Sementara itu untuk fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi 9 Maret 2016 mendatang, warga Batam dan Kepri lainnya hanya dapat melihat sebahagian saja.

 

"Wilayah Batam dan Provinsi Kepri hanya bisa melihat gerhana sebagian," ujarnya.

 

Menurut Philip gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan saat menerangi bumi.

 

Kejadian gerhana matahari total ini sangat jarang terjadi karena membutuhkan waktu sekitar 350 tahun. Di Indonesia, hanya ada 11 provinsi yang dilalui, ujarnya.

 

Ia memperkirakan warga Batam dan Kepri bisa melihat gerhana matahari sebahagian tanggal 9 Maret mulai pukul 06:22 WIB. Dan puncak terjadinya sekitar pukul 07:24 WIB dan akan berakhir pukul 08:33 WIB.

 

Philip menambahkan, kota yang mengalami gerhana dengan durasi tersingkat adalah Tanjungpinang. (alfie)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *