EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Tips Menjaga Mesin Diesel Truk Hino

 

BATAM – Mesin diesel sudah sejak lama teruji ketangguhannya. Mesin ini juga dirancang untuk ketahanan pemakaian yang lama, namun dengan efisiensi tinggi dan perawatan lebih mudah.

 

Beberapa penyempurnaan pada mesin diesel seperti reduksi getaran, suara mesin dan emisi gas buang, serta penggunaan teknologi canggih seperti Common Rail Direct Injection atau Turborcharger.

 

Teknologi baru tersebut tentunya dapat menghasilkan tenaga optimal dengan torsi puncak yang bisa didapat pada rpm rendah. Kondisi itu membuat kendaraan bermesin diesel menjadi pilihan yang semakin populer.

 

Nah, bagi Anda pemilik kendaraan truk maupun bus merek Hino dari Indomobil Batam Group, berikut tips untuk menjaga mesin diesel kesayangan tetap aman dan awet lama.

 

1. Jangan terburu-buru menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya 5 menit.

 

2. Yang paling utama adalah jangan sampai tangki solar kosong. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Jika tangki kehabisan solar, pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.

 

3. Bila terjadi kerusakan parah pada injection pump, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel. Jangan melalui montir sembarangan. Perbaikan harus dilakukan di bengkel Indomobil Hino.

 

4. Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap 20 Km. Sebab debu adalah musuh utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.

 

5. Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila rusak harus segera diganti (Trucking Parts). Jangan ditunda-tunda, harus terbebas dari sampah supaya tidak terjadi penyumbatan.

 

6. Di samping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka secara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh 16.000 km.

 

7. Terakhir, baterai (accu), kabel- kabel dan busi. Meski mesin diesel bisa dihidupkan tanpa ketiga bagian ini, yakni dengan cara ditarik mobil lain namun hal itu tentu tidak dilakukan setiap hari.

 

Informasi mengenai service silakan kunjungi Showroom Hino Indomobil Batam di Jalan Seibaloi Batam atau telepon (0778) – 451922. (thr/hino)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *