EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

An-nisa Hidayatullah Batam Gelar Pelatihan Jurnalistik



 

BATAM - “Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi, sebuah buku bisa menembus ribuan bahkan jutaan kepala,” ujar Andre Rahmatullah mengutip tokoh ikhwanul muslimin, Mesir dalam acara Pengembangan Diri Muslimah (PDM) bertemakan “Menjelajah Semesta Dengan Goresan Pena”.

 

Dalam kegiatan itu Andre menambahkan bahwa sepandai-pandai orang jika tidak menulis, maka mereka akan hilang dalam masyarakat, karena menulis adalah pekerjaan untuk keabadian. Maka dari itu, menulislah agar dikenal sepanjang massa.

 

Humas Hidayatullah Batam, Kepulauan Riau ini mengatakan ilmu jurnalistik adalah sebuah teknik pelaporan berita. Tujuannya untuk memberitahukan kepada khalayak umum.

 

“Jurnalistik mencakup kegiatan peliputan, penulisan, editing sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat,” jelasnya kepada ratusan hadirin yang bertempat di Aula SMPII Luqman al-Hakim, Batu Aji, Batam, Jum’at (20/10/2017).

 

Jadi, lanjut pria berperawakan besar ini, menulis itu luar biasa manfaatnya, karena dirasakan banyak orang.

 

Adapun untuk unsur-unsur berita dalam membuat berita diantarannya; Who - siapa yang terlibat di dalamnya? What - apa yang terjadi di dalam suatu peristiwa? Where - di mana terjadinya peristiwa itu? Why - mengapa peristiwa itu terjadi? When - kapan terjadinya? How - bagaimana terjadinya?

 

“Jadi,unsur-unsur penulisan berita bisa disingkat 5w+1H, " tegas Bang AR, sapaan akrabnya.

 

“Menulis itu mudah dan menyehatkan," tambahnya disambut antusias peserta.

 

Koordinator An-nisa Ludfia Harianti menambahkan kegiatan belajar jurnalistik ini sebagai ajang pengenalan.

 

“Pelatihan jurnalistik kali ini hanya pengenalan, ke depan akan kami kembangkan menjadiekstrakurikuler, insyaallah,” ujar alumnus STAIL Surabaya.

 

Riska Salsabilah, siswi SMPII Luqman al-Hakim, kelas 8F mengutarakan kegiatan PDM kali ini sangat istimewa karena ilmunya bagus untuk pengenalan bagi dirinys yang masih duduk di jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

 

“Bang AR keren, seru, medok bahasa Jawa dan berbakat dalam bidang jurnalistik,” ujarnya. (tya/man)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *