BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Gubernur Kepri Buka MTQ XI 2019 Kabupaten Karimun



KARIMUN - Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI tahun 2019 tingkat Kabupaten Karimun yang dilaksanakan di Coastal Area, Selasa (26/3) malam.

Pembukaan MTQ XI Kabupaten Karimun yang berlangsung ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur Kepri Isdianto disaksikan Gubernur Nurdin Basirun, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim, anggota DPR dapil Kepri, Dwi Ria Latifa dan pejabat lainnya.

Pembukaan MTQ XI Kabupaten Karimun dimulai dari Minggu 24 Maret dan direncanakan hingga Sabtu 30 Maret 2019.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan rasa bangga, dengan H.Dr. Aunur Rafiq selaku Bupati Karimun yang memiliki keterbatasan dapat diamanatkan dan dapat dipercaya untuk melaksanakan kegiatan MTQ XI Tingkat Kabupaten.

“Adalah suatu hal yang luar biasa bagi kami, ditengah keterbatasan-keterbatasan itu pemkab bisa melaksanakan dengan meriah MTQ ini,” sebut Nurdin.

Dia juga mengungkapkan pekerjaan dan keberhasilan pada kegiatan tersebut, dipersembahkan kepada semua dan dapat menjadi kebanggaan untuk semua.

“Bahwa kegiatan semacam ini harus kita semarakkan untuk memperkuat nilai-nilai keimanan kita kepada Allah SWT Tuhan Yang Menciptakan kita” ujarnya.

Ketua Panitia Pengarah MTQ XI Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah menjelaskan," 373 peserta berasal dari 12 kecataman, yakni tuan rumah Kecamatan Karimun, Meral, Tebing, Buru, Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Moro, Durai, Belat, Ungar dan Kecamatan Meral Barat yang merupakan juara umum pada MTQ X beberapa waktu lalu.

Sebanyak 373 peserta dari 12 kafilah adu kemampuan dalam Musabaqah Tilawatil Quran XI 2019 tingkat Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Peserta sebanyak itu akan bertanding dalam beberapa cabang yakni cabang tartil dan tilawah di astaka utama di Coastal Area, cabang syarhil di Gedung Nasional, cabang tahfidz 1 juz dan 5 juz di Masjid Darul Jannah, cabang tahfidz 10, 20 dan 30 juz di Masjid Baitul Karimun, cabang fahmil di gedung Rumpun Melayu Bersatu dan cabang khattil quran di SMPN 1 Karimun.

Dia merinci untuk cabang tartil diikuti 24 peserta putra-putri, cabang tilawah 72 peserta, fahmil 72 peserta, syarhil 70 peserta, khattil 52 peserta dan cabang tahfidz 83 peserta.

"Para peserta akan berlomba meraih prestasi untuk selanjutnya dipersiapkan mengikuti STQ tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Bintan pada April 2019," kata pria yang juga menjabat Sekda Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq, dikesempatan yang sama menyampaikan bahwa MTQ merupakan kegiatan untuk meningkatkan rasa kepercaya agar gemar baca al-quran di kalangan masyarakat, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"MTQ bukan kegiatan yang asing karena sudah menjadi agenda pemerintah daerah, provinsi maupun nasional. Mari kita jadikan ajang MTQ ini untuk mewujudkan generasi qurani menuju Karimun Bersih, beriman, sehat, indah dan harmonis," kata dia.

(Geri.N.S).

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *