BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Rudi Pantau Kemajuan Pembangunan Masjid Sultan


BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus menggesa pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan dari jadwal peresmian masjid yang direncanakan pada September mendatang maka waktu pengerjaan yang tersisa tinggal 2,5 bulan lagi. Untuk mengetahui langsung perkembangan pembangunan masjid Sultan, Senin (17/6) Rudi didampingi Sekdako Batam, Jefridin, Kepala Kemenag Kota Batam, Zulkarnain, Kepala Bapelitbang Kota Batam, Wan Darusalam dan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar kembali meninjau pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

"Waktu peresmiannya sudah dekat, pekerjaan harus dikejar dan dikontrol. Sehingga pekerjaan selesai sesuai dengan jadwal yang sudah kita inginkan. Sesuai rencana peresmian masjid dilakukan pada 20 September ini," sebut Rudi.

Hingga rampung, pembangunan masjid sultan menghabiskan anggaran mencapai Rp500 miliar. Secara bertahap Pemko Batam menurutnya akan menganggarkan dana untuk pembangunan masjid berkapasitas 25 ribu jamaah ini. Tahun ini menurutnya dianggarkan Rp260 miliar untuk kelanjutan pembangunan masjid agung. Tahun depan direncanakan akan dianggarkan Rp100 miliar.

“Kita kerjakan masjid ini tahap demi tahap. Sampai saat ini anggaran sudah lebih dari Rp200 miliar,” ucap mantan legislator ini.

Untuk progres pembangunan masjid, keramik di sekitar payung membran sudah terpasang. Begitu juga dengan payung membran sudah terbentang. Sementara untuk tempat wudhu, saat ini baru dibangun di area bawah. Ke depan rudi mengatakan di sekeliling masjid akan dibangun tempat berwudhu.

“Air wudhu ini akan kita daur ulang, akan kita manfaatkan misalnya untuk menyiram tanaman. Jadi air wudhu ini tidak terbuang begitu saja,” ungkap suami Marlin Agustina ini lagi.

Masjid yang memiliki menara setinggi 99 meter ini juga akan memiliki banyak ruangan. Ruangan ini kelak dapat digunakan sebagai pusat pendidikan agama islam. Sesuai jadwal Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini akan diresmikan pada tanggal 20 September 2019. Saat peremian masjid ini, Pemko Batam akan mengundang tiga ulama kondang. Dua ulama nasional, Ustadz Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf. Ulama dari luar negeri yang akan diundang untuk dalam acara peresmian masjid ini adalah Ustad Kasim Ilyas dari Malaysia.

“Insyallah Bapak Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga akan hadir dalam acara peresmian masjid Sultan. Ayo seluruh masyarakat Kota Batam, sama-sama kita hadir meresmikan masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Batam ini. Memakai baju putih-putih kita berkumpul dari pagi sampai sore, kita akan shalat Jumat perdana di Masjid ini,” sebut Rudi.(HUMAS PEMKO BATAM)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *