BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Suzuki All New Ertiga Sabet Penghargaan The Best of Total Cost Ownership


JAKARTA - Suzuki All New Ertiga kembali meraih penghargaan bergengsi. Kini Ertiga keluar sebagai pemenang The Best of Total Cost Ownership di segmen Small MPV dalam ajang GridOto Award 2019 pada Selasa (19/11).

"Selama penggunaan mobil atau motor ini berapa sih biaya operasionalnya. Kami menyebutnya Total Cost Of Ownership," bilang Billy Riestianto, Pemimpin Redaksi GridOto.com.

Tentunya hal ini juga menimbulkan pertanyaan, khususnya bagi yang sedang mencari sebuah mobil untuk digunakan bersama keluarga sehari-hari.
Apalagi segmen Small MPV bisa dibilang merupakan kelas yang cukup panas tahun ini dalam ajang GridOto Award 2019. Sebab mobil-mobil yang dinilai memang sudah banyak lebih dulu dikenal di pasaran, meskipun juga ada yang baru.

Namun kali ini Suzuki All New Ertiga akhirnya keluar menjadi yang terbaik dalam urusan biaya kepemilikan di segmen Small MPV.

Dipilihnya Small MPV dari merek dengan logo 'S' ini bukan tanpa alasan, ada beberapa indikator penilaian dan dihitung menggunakan metode khusus.

Seperti konsumsi bahan bakar selama setahun dengan jarak pemakaian 20.000 km, biaya servis 20.000 km dalam setara satu tahun, dan pajak kendaraan bermotor selama setahun.

Menurut data yang berhasil kami kumpulkan, salah satu alasan Suzuki All New Ertiga jadi yang terbaik di kelasnya karena penilaian konsumsi bahan bakar paling irit.

Item pemakaian bahan bakar ini dalam perhitungan TCO yang GridOto.com lakukan jika dikonversi ke dalam persentase di kelas Small MPV ini sekitar 78 persen.

Artinya, meski kompetitor lain memiliki keunggulan misalnya biaya service rendah atau tidak ada sama sekali, bisa jadi secara total biaya yang dikeluarkan tetap lebih besar karena konsumsi BBMnya tinggi.

Di sisi lain, pajak kendaraan dan biaya perawatan berkala untuk kendaraan yang dikeluarkan selama satu tahun pemakaian, yang kami temukan tidak jauh berbeda di segmen tersebut.

Yup, dalam satu tahun pemakaian, Suzuki All New Ertiga hanya mengeluarkan biaya kepemilikan kendaraan kurang lebih sebesar Rp 17 jutaan.

Sedangkan jika dihitung per-harinya, Suzuki All New Ertiga rata-rata mengeluarkan biaya kepemilikan sebesar Rp 47 ribu.

Angka tersebut tidak bisa dikejar oleh rival-rival di kelasnya, yang rata-rata mengeluarkan biaya kepemilikan di atas Rp 18 juta selama satu tahun.

sumber : GridOto

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *