KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

VIDEO UPDATE : Kemenparekraf Motivasi Pelaku Wisata MICE di Batam dan Kepri Kembali Bangkit



BATAMKementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar sosialisasi panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan (CHSE) pada penyelenggaraan kegiatan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (MICE).

Kegiatan itu langsung dibuka oleh Plh Kepala Dinas Pariwisata Kepri Yerri Suparna, di Radisson Hotel Batam, Kamis (8/10/2020).

Panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan pada kegiatan MICE ini menekankan pada penerapan prosedur standar pelaksanaan kegiatan MICE yang aturan teknis spesifiknya akan disesuaikan dengan panduan yang dibuat oleh Asosiasi dan Industri MICE sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Panduan ini merupakan panduan operasional dari Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang diturunkan pada pelaksanaan kegiatan MICE di Indonesia. Ketentuan yang termuat dalam panduan ini juga mengacu pada protokol dan panduan yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia, World Health Organization (WHO), Travel & Tourism Council (WTTC) serta Asosiasi MICE nasional dan internasional seperti ICCA, UFI, AIPC, serta ASPERAPI.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyamakan pemahaman mengenai isi panduan kepada stakeholders MICE sehingga panduan dapat dijalankan dengan sesuai pada saat pelaksanaan kegiatan MICE. 

Sosialisasi dilaksanakan di 9 destinasi MICE antara lain: Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten (mewakili Jakarta), Semarang dan Batam. Rangkaian kegiatan dimulai dari tanggal 24 September 2020 sampai 8 Oktober 2020 dengan pembagian jadwal yang telah disesuaikan.

Selain sosialisasi juga akan dilaksanakan kegiatan simulasi panduan dalam rangka meninjau secara langsung kesiapan destinasi untuk pelaksanaan kegiatan MICE. Simulasi akan dilaksanakan di beberapa objek di tiap destinasi dan akan dilakukan oleh tim media yang akan berpartisipasi dalam simulasi.

Koordinator Pengembangan Jejaring dan Kapasitas Wisata MICE Kemenparekraf, Titik Lestari berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat pelaku wisata MICE di Batam dan Kepri lainnya. Berikut video lengkap penjelasannya.



Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *