EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Kasus Covid-19 Melandai, Rudi Targetkan Dua Minggu ke Depan Batam Nol Kasus



BATAM - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menargetkan Batam sudah di bawah 100 hingga nol kasus dalam dua minggu ke depan. Hingga 16 Agustus 2021, masih ada 876 pasien dirawat.


Rudi menyampaikan, hingga hari ini, satu kecamatan di Batam sudah berstatus zona hijau atau nol kasus Covid-19. Kecamatan yang sudah masuk zona hijau yakni Bulang. Selain Bulang, kecamatan lain juga menuju zona hijau seperti Galang yang hanya menyisakan dua pasien dan Batuampar sembilan pasien. Kedua kecamatan itu masih zona kuning.


"Alhamdulillah, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Batam makin membaik menjelang HUT ke-76 RI ini," kata Rudi, Senin (16/8/2021).


Selain tiga kecamatan tersebut yang menunjukkan progres memuaskan, satu kecamatan lain yakni Belakangpadang yang kini zona oranye karena masih ada 11 pasien dirawat. Selebihnya, delapan kecamatan lain masih zona merah.


"Secara keseluruhan, angka kesembuhan di Batam 93,5 persen. Angka ini terus naik dan menyisakan 876 pasien yang masih dirawat," katanya.


Kabar baik tersebut, kata Rudi, harus diiringi dengan makin sadarnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.


"Ini bisa naik kembali kalau kita tidak menerapkan protokol kesehatan. Aturan PPKM harus tetap ditegakkan," katanya.


Ia tak memungkiri kasus Covid-19 bakal kembali naik jika banyak warga mengabaikan protokol kesehatan. Ia pun menginstruksikan Camat dan jajaran hingga petugas PPKM di tingkat RT dan RW tetap menegakkan aturan PPKM demi meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah penyerbaran Covid-19.


"Kalau angka ini naik lagi, akan kembali ke PPKM level 4. Tolong ditegakkan ini, tujuan kita agar Covid-19 ini melandai lagi. Tidak ada kata lain, protokol kesehatan PPKM level 3 harus dijalankan agar dua minggu ke depan bisa jadi nol kasus," ujarnya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *