KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Tekan Pemanasan Global, Jokowi Rela Basah-basahan Tanam Bakau di Batam



BATAM - Presiden Joko Widodo mengunjungi Pantai Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (28/9/2021). 


Kendati rintikan hujan membasahi wilayah itu, Presiden Jokowi tetap melanjutkan kegiatannya menanam mangrove (bakau) bersama masyarakat. Saat itu, kondisi air juga tengah pasang sehingga lokasi penanaman terendam air. Tinggi air yang mencapai pinggang orang dewasa tak menyurutkan niat Kepala Negara untuk turun langsung menanam mangrove.


Presiden Jokowi akhirnya memutuskan untuk "nyemplung" dan tetap melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat dan komunitas pegiat lingkungan.


"Nggak ada masalah basah kan paling-paling hanya 5-10 menit. Nggak ada masalah," tambahnya. Usai menanam pohon mangrove. 

Kepala Negara pun menyatakan, penanaman atau merehabilitasi mangrove ini akan dilakukan secara masif.

“Karena hutan mangrove ini, selain memperbaiki ekosistem di pesisir pantai, kemudian juga mengurangi abrasi dari air laut. Yang paling penting adalah habitat di sekitar mangrove juga terjaga dengan baik. Dan sangat mengurangi emisi karbon yang ada, dibandingkan hutan-hutan tropis di darat,” kata Jokowi.

Jokowi menyebut, upaya menanam serta merehabilitasi mangrove ini tentu melibatkan berbagai komunitas. Pemerintah, kata Jokowi, sangat menyadari Indonesia memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia. Jumlahnya tak main-main sekitar 3,36 juta hektare atau setara 20 persen yang ada di dunia. 

Dalam penanaman mangrove tersebut didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar  dan Mensesneg Pratikno. Kemudian Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Walikota Batam M Rudi, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, dan Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu.


Usai menanam mangrove, Presiden langsung menuju ke Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta. (***)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *