KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Musrebang Lubukbaja, Wawako Batam Amsakar Serap Aspirasi Warga



BATAM - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Lubukbaja di Crown Vista Hotel, Kamis (17/2/2022).


"Musrengang ini merupakan sistem perencanaan dengan cara menggali aspirasi dari bawah dan mengkombinasikan kebijakan dari atas," ujar Amsakar.


Semua masukan dari masyarakat tersebut dibahas per jenjang. Mulai Musrenbang kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, hingga nasional.


"Ini tahapan kedua setelah tingkat kelurahan. Silakan dibahas mana yang prioritas untuk nanti dibahas di tingkat kota," pesan Amsakar.


Namun, semua aspirasi dari masyarakat tersebut akan mempertimbangkan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam.


"Kita lihat berapa anggaran tersedia, mana yang prioritas dan mana yang bisa ditunda," katanya.


Di kesempatan itu, Amsakar juga memaparkan sejumlah proyek besar Kota Batam hingga 2024. Beberapa proyek tersebut seperti bandara, pelabuhan, jalan, hingga KEK Kesehatan.


"Kalau ini sudah jadi, Batam bedelau," katanya.


Di lokasi sama, Camat Lubukbaja, Titin Yuniarti, melaporkan, melalui proses Musrenbang tingkat kelurahan, terkumpul 48 non PSPK dan 98 PSPK. "Untuk tingkat kecamatan, terdapat 20 usulan prioritas," katanya.


Adapun, 20 usulan tersebut di antaranya, rehabilitasi ruang kelas, tembok penahan tanah, pembangunan kantor lurah Tanjunguma, pembangunan batu miring, hingga pemasangan lampu penerang jalan.


"Selain usulan, terdapat 81 kegiatan PSPK tahun ini terealisasi.  Jumlah itu baik dibandingkan tahun lalu, 65 kegiatan," katanya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *