KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Sebelum Mudik Pakai Mobil Pribadi, Periksa Teliti Ban Serap Agar Perjalanan Nyaman

Seorang mekanik Suzuki Indomobil Batam terlihat menurunkan ban serap Suzuki XL7 untuk dilakukan pengecekan. Pengecekan tersebut penting untuk menjaga keamanan dari ban serap tersebut, Jumat (23/12/2022). Foto: Rozi/Kepriupdate


BATAM - Memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru2022-2023), para pemudik yang akan menggunakan mobil pribadi sebagai moda tranportasi sebaiknya harus memperhatikan kelengkapannya. Salah satunya ban serep mobil, komponen ini sangat perlu dilakukan karena ban serep adalah komponen cadangan yang memiliki fungsi krusial untuk mobil. 

Namun, walaupun krusial atau penting keberadaannya, ban serep sering dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan pengecekkan secara berkala. Hal ini bisa membuat ban tidak bisa digunakan ketika Anda membutuhkannya karena rusak.

Tidak ingin ban serep mobil Anda rusak? Nah, berikut ini akan dijelaskan perawatan ban serep yang dapat Anda lakukan. Jangan sampai ban tidak bisa digunakan saat Anda dalam keadaan darurat seperti ban mobil yang bocor di tengah jalan.


Untuk melakukan perawatan ban serep mobil, Anda cukup menerapkan langkah-langkah mudah! Di bawah ini merupakan poin-poin dan penjelasannya:

1. Memeriksa Tekanan Angin di Dalam Ban

Angin dalam ban dapat keluar melalui pori-pori. Hal tersebut dapat menyebabkan ban gembos saat akan digunakan. 

Untuk itu, pengecekkan tekanan angin harus dilakukan agar ban selalu dalam kondisi siap digunakan. Namun, jangan sampai tekanan angin dalam ban berlebihan.

Tekanan yang terlalu tinggi bisa membuat ban serep Anda meledak. Pastikan tekanan dalam kondisi yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Anda juga bisa memeriksa tekanan ban dalam jangka waktu sebulan sekali.

2. Perhatikan Tempat Menyimpan Ban Serep

Beberapa orang memiliki cara tersendiri dalam menyimpan ban serep. Ban serep biasa disimpan di belakang mobil ataupun di bawah kolong. Tempat penyimpanan ban lebih baik dilakukan di belakang mobil agar terhindar dari kotoran dan lumpur.

3. Pasangkan Pelindung pada Ban Serep

Langkah selanjutnya untuk merawat ban serep mobil yaitu memasangkan cover pada ban. Pelindung atau cover sangat ban sangat bermanfaat untuk melindungi dari terik sinar matahari. 

Selain itu, ban tidak akan terkena lumpur sepenuhnya saat Anda menyimpan di kolong mobil karena terdapat cover yang melindungi. Pastikan cover ban serep selalu dipakai ketika bepergian.

4. Aplikasikan Semir pada Ban

Semir dapat menghadirkan tampilan seperti baru pada ban. Selain itu, semir juga bermanfaat untuk menjaga kondisi ban tetap baik. Semir dapat meningkatkan keelastisan ban sehingga tidak mudah bocor atau Meletus di jalan beraspal. 

Terdapat beberapa jenis semir ban, dari cair hingga berbentuk spray. Aplikasikan semir yang Anda pilih pada ban agar kondisinya tetap terjaga.

5. Ganti Ban Jika Sudah Terlalu Lama Tidak Digunakan

Walaupun belum pernah digunakan, ban serep harus diganti jika usia ban sudah lama. Di Indonesia, maksimal usia ban serep adalah 4 tahun, setelah itu Anda perlu menggantinya. 

Kualitas ban akan menurun dan harus diganti yang baru ketika usianya sudah lama agar tetap prima saat digunakan. Kalaupun kondisi ban masih bagus, ada baiknya Anda tetap merawat ban serep mobil dengan melakukan pergantian.

6. Bersihkan Ban dari Kotoran

Tak menutup kemungkinan, ban serep terkena kotoran baik debu ataupun lumpur. Apalagi, jika ban disimpan di kolong mobil. 

Kotoran yang menempel dapat menyumbat bagian lekukan pada ban dan mengakibatkan kualitas ban tidak baik saat digunakan.

Kotoran seperti lumpur yang mengering juga menimbulkan permukaan ban menjadi kaku. Anda bisa membersihkannya dengan lap kering. Jangan sampai menggunakan lap basah karena dapat membuat pelek ban berkarat.

Jarang diperhatikan, kondisi ban serep harus diperiksa secara berkala. Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan agar ban serep mobil tetap terjaga kondisinya dan dapat digunakan dengan baik. 

Merawat ban serep mobil bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya minimal sebulan sekali. Dengan begitu, Anda dapat bepergian dengan nyaman dan tidak khawatir karena ban serep selalu dalam kondisi yang prima.

Agar mobil Anda selalu dalam keadaan prima, pastikan Anda selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi terdekat.(fah)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *