KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Timnas Garuda Menang 2-1 Atas Kamboja di Mitsubishi AFF Cup 2022

Egy Maulana Fikri melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada laga tersebut Timnas Garuda menang 2-1 atas Kamboja, Jumat (23/12/2022). Foto : Garuda Fight


JAKARTA - Timnas Garuda memulai laga manis di Piala AFF 2022, dengan melawan Kamboja. Pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (23/12/2022).


Melansir detikbola, sejak kick off, Indonesia coba mengambil inisiatif serangan. Anak asuh Shin Tae-yong memainkan kuartet Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Ricky Kambuaya, yang menyokong Muhammad Rafli di depan, dalam formasi 4-3-3.


Di tengah, Marselino Ferdinand dan Marc Klok menjaga kedalaman, dan mengawal barisan bek yang diisi Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan

Hasilnya, serangan Timnas Indonesia cukup mengalir. Gol pertama bahkan bisa dicetak oleh Egy Maulana, memanfaatkan umpan silang Pratama Arhan dari sisi kiri.

Duet Egy dan Witan cukup membuat Kamboja kerepotan. Di menit ke-14, kerja sama keduanya bahkan nyaris mendapatkan gol lagi, jika sepakan Witan tak membentur tiang.

Kemudian, Kamboja sempat menyamakan skor karena lemahnya lini pertahanan Indonesia. Sundulan Saret Krya sempat mengubah skor menjadi 1-1.

Namun, Indonesia bisa membalas lagi. Kali ini Witan Sulaeman yang menjebol gawang Kamboja, memanfaatkan umpan Marselino Ferdinand, dalam skema serangan balik cepat.

Witan praktis menjadi momok Kamboja sepanjang babak pertama. Banyak peluang ditebar pemain berusia 21 tahun itu. Sementara pemain lain seperti Marc Klok dan Ricky Kambuaya juga rajin menyerang, dan beberapa kali menghadirkan peluang. Hasilnya, skor 2-1 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, pergantian dilakukan Shin Tae-yong. Egy ditarik, dan digantikan Saddil Ramdani, sementara Rafli digantikan Ilija Spasojevic. Pergantian itu membuat daya serangan Indonesia sedikit menurun.

Selain Spasojevic yang sulit mendapat bola, pemain lain juga mulai bermain lebih ke dalam. Marc Klok dan Ricky Kambiayatak

Tak banyak peluang dihasilkan Indonesia sejak pergantian itu. Peluang baru didapat bahkan di menit ke-82, saat Witan ditarik keluar dan digantikan Dendy Sulistyawan. Dendy nyaris bikin gol lewat sepakan jarak dekat di kotak.

Masuknya Dendy membuat lini serang Indonesia baru hidup. Di masa injury time, umpan Dendy nyaris dimanfaatkan Edo Febriansah menjadi gol, andai sepakannya tak ditepis kiper Kamboja, Keo Soksela.

Kemenangan tipis Timnas Indonesia atas Kamboja jelas berharga, sebab memberi tiga poin perdana di Piala AFF 2022. Namun jelas, perbaikan penampilan patut dilakukan indonesia untuk laga-laga berikutnya, sebab Thailand dan Filipina mulai panas di Grup A.

Thailand bisa menggasak Brunei Darussalam 5-0 di laga perdana. Sementara Filipina juga bisa mengajar Brunei 5-1 di laga keduanya di Piala AFF 2022.*





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *