KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Arab Saudi Kini Mulai Menghijau, Terimakasih Bu Megawati dan Kang Alman

Seorang pengembala kambing di pinggiran Mekkah. Foto/Youtube Alman Mulyana


BATAM - "Bayangkan sekarang itu di Jeddah, saya melihat di tv, itu sekarang tumbuh rumput loh, karena apa? Gusti Alloh marengi (turunkan) hujan. Rumput di sana numbuh, hah kebayang nggak. Siapa yang suka nebangi pohon? Benar nih nggak ada? Heh ngapusi (bohong). Jangan dong, tumbuh-tumbuhan itu kan diberikan Alloh Subhanawataala, yang disebut plasma nutfah. Kenapa saya bisa ngomong begitu, karena saya ditugasi bapak Jokowi memegang BRIN (badan riset inovasi nasional)," ujar Megawati Soekarno Putri di acara HUT 50 PDIP, Selasa (10/1/2023).


Sepenggal kalimat dari putri sang proklamator tersebut di atas, sontak membuat hadirin di JIExpo bahkan yang menyimak lewat layar kaca dan medsos terhenyak. 


Betapa tidak, Megawati seakan menyadarkan, mengajak bersyukur bahkan menyentil kita untuk menjaga alam yang Tuhan anugerahkan di negeri kita tercinta dengan sebaik-baiknya.


Singkat cerita, hari ini Rabu (11/1/2023) tepat 10 jam lalu saya menerima notifikasi dari Youtube di ponsel. Pesan untuk menonton konten terbaru dari Youtuber Kang Alman Mulyana di Arab Saudi.


Merinding bulu roma saya, karena saat menontonnya, Kang Alman dan sohibnya Kang Irlan tengah berada di sebuah bukit bebatuan yang ditumbuhi rumput hijau di sekitar perbatasan Kota Mekkah. Padahal selama ini tanah di Arab Saudi gersang lantaran cuacanya panas terik hingga mencapai 50 derajat celcius.


Seperti gayung bersambut, di aplikasi Tiktok saya menonton cuplikan video Ibu Megawati tengah membicarakan kondisi Kota Jeddah. Kini kata ketua partai berlambang banteng moncong putih itu, Jeddah telah menghijau ditumbuhi rerumputan.


Pemirsa, kalau anda melihat konten kami ini sekarang, apa yang terpikir oleh anda? Tulis di komentar ya. Seperti itulah kira-kira ucapan Kang Alman menyapa subscribernya.


Menjawab Kang Alman, sebagai seorang muslim saya teringat sabda Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam, yang pernah saya dengar dari para penceramah dan kiyai. Hadist tersebut berbunyi sebagai berikut :


"Hari kiamat tidak terjadi sehingga, tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai." (HR Muslim).


Bagi saya perkataan Bu Megawati dan Kang Alman dengan konten Youtubenya  menggambarkan situasi Arab Saudi yang mulai menghijau ditumbuhi rerumputan, jelas memberi pelajaran sekaligus peringatan. 


Bahwa kita yang tinggal di bumi khatulistiwa Indonesia harus menjaga lingkungan hidup contohnya jangan tebang hutan. Selain tentunya perbaiki kualitas amal soleh untuk bekal akhirat dan ingat hari kiamat sudah semakin dekat.()




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *