KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Nikmatnya Kembung Kukus Kuah Asam Pedas Khas Melayu Batam

Menu kembung kukus kuah asam pedas khas Melayu Batam maknyus. Foto/Makngah


BATAM - Bosan dengan masakan yang standar semisal ayam penyet atau rendang Padang. Yuk, cobain menu masakan khas Melayu Batam satu ini.


Menu tersebut adalah ikan kembung kukus kuah asam pedas. Sangat cocok disantap musim imlek seperti sekarang, cuaca panas disertai angin utara sepoi-sepoi.


Makngah, pemilik rumah makan khas Melayu Batam memberi tips cara memasak kembung kukus kuah asam pedas yang maknyus.


Pertama-tama bersihkan ikan, buang ingsang dan kotoran di perutnya. Caranya dicongkel pakai sumpit atau ujung pisau yang runcing pelan-pelan dari leher ikan.


"Ini buat yang sering tanye cemane care bersihin kotoran di perut ikan, kalau ikannya segar perut takkan hancor," ujar Makngah kepada kepriupdate.com, Jumat (6/1/2023).


Setelah bersih lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas. Bumbui lagi ikan dengan garam dan air jeruk nipis lalu kukus selama 30 menit.


"Alasi kukusan dengan daun pisang biar ikan tak lengket," ujarnya.


Selanjutnya siapkan bumbu kuah asamnya. Rendam terasi goreng, asam, garam, kaldu bubuk dengan 1/2 gelas kecil air panas. Setelah itu lalu saring dan campurkan dengan irisan cabai, tomat dan bawang merah.


"Sudah siap bumbunya lalu susun gembung ysng dikukus tadi di wadah yang pipih, lalu siramkan kuah asam tadi. Tambahkan sedikit perasan jeruk limau supaya makin sedap," ujarnya.


Kembung kukus kuah asam pedas ini kata Makngah, paling nikmat disantap siang hari saat cuaca panas dengan nasi putih panas. Selamat mencoba mempraktekkannya ya bun. (fah)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *