KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Rasanya Lezat dan Nikmat, Cuan dari Kue Tradisional Khas Aceh Juga Menjanjikan

Jajanan tradisional timpan balun khas Aceh ini nikmat disantap bersama minuman kopi. (Foto/Kepriupdate)


BATAM - Selain lezat dan harum menu jajanan tradisional khas Aceh satu ini patut Anda coba. Namanya kue timpan balun isi sari kaya.


Pertama, buat dulu isian sarikayanya. Kukus beras ketan, dinginkan. Lalu kocok telur dan gula dengan sendok hingga gula larut, campurkan santan kental, garam, dan perasan daun pandan, kukus sekitar 10 menit.


Kedua, kukus labu hingga matang, angkat dan hancurkan selagi panas.Panaskan santan, masukkan sedikit garam, aduk rata. Jika hampir mendidih matikan api.


Masukkan labu, aduk rata. Tuang ke dalam wadah, tunggu hingga tidak lagi panas.Masukkan tepung ketan, aduk rata hingga menjadi adonan yang bisa dipulung.


"Ambil daun pisang muda lumeri dengan minyak makan agar tak lengket. Pipihkan adonan dan isi dengan sari kaya secukupnya. Gulung daun pisang, lipat di ujung-ujungnya," ujar Marina, penjual timpan balun Aceh di Aviari Batuaji, Minggu (15/1/2023).


Ketiga, kukus bungkusan timpan hingga matang atau kurang lebih selama 20 menit. Angkat kukusan lalu sajikan 
timpan balun yang lezat ini dengan segelas kopi Aceh.


Nikmati timpan Aceh untuk camilan bersama keluarga tercinta atau bisa juga dijadikan cuan dengan menjualnya. Tiga potong kue ini dibanderol Rp5 ribu.(alf)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *