EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Bung Kus : Pidato Jokowi Kartu Truf Selamatkan Muka Indonesia di Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi berpidato menyikapi kisruh penolakan Timnas Israel yang mengancam posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Foto/Setneg


JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo mengeluarkan pernyataan terkait keamanan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 disebut sebagai 'kartu truf' untuk menyelamatkan posisi Indonesia sebagai tuan rumah.

Pengamat olahraga nasional, Muhammad Kusnaeni atau akrab disapa Bung Kus, mengatakan pernyataan Jokowi merupakan jaminan dari pemerintah Indonesia untuk FIFA yang dikabarkan mempertimbangkan memindahkan Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia.

Pernyataan Jokowi disebut Kusnaeni sebagai usaha untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari FIFA setelah lolos dari sanksi kasus Kanjuruhan.

"Yang paling penting menurut saya presiden [Jokowi] mengorkestrasi, karena situasinya ini lumayan genting. Saat ini tingkat kepercayaan FIFA terhadap Indonesia sudah di level ragu bahwa serius menyiapkan diri sebagai tuan rumah. Dengan munculnya pernyataan presiden ini menjadi jawaban atas keraguan itu," ujar Kusnaeni seperti dikutip laman CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut Kusnaeni menganggap pernyataan Jokowi sebagai kartu truf sebelum Ketua Umum PSSI Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023) siang.

"Presiden Jokowi telah menyatakan komitmennya sehingga ini menjadi kartu truf. Pernyataan presiden ini membuat FIFA yakin seyakin-yakinnya apa yang beredar selama ini di media massa hanya menggambarkan sikap kalangan tertentu di masyarakat Indonesia," ucap Kusnaeni.

Posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dalam ancaman setelah FIFA membatalkan drawing di Bali, 31 Maret mendatang. Pembatalan itu disebut PSSI merupakan dampak dari penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap kehadiran timnas Israel di Bali.

Jokowi memastikan pemerintah Indonesia, melalui upaya diplomasi Erick Thohir, berusaha menyelamatkan Piala Dunia U-20 2023 tetap digelar di Indonesia.

"Saat ini FIFA telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala dunia U-20, tapi kita baik pemerintah dan PSSI masih tetap berusaha agar ada solusi terbaik," ujar Jokowi.

"Untuk itu saya telah mengutus Ketua Umum PSSI bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA, untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik," ucap Jokowi. (par)






Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *