EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Nyesek, FIFA Resmi Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Tropi Piala Dunia U-20 ini menjadi saksi bisu kelamnya persepakbolaan Tanah Air, setelah FIFA resmi membatalkan Indonesia jadi tuan rumah. Foto/FIFA.com


BATAM - Nyesek, inilah gambaran tepat bagi bangsa Indonesia di kancah sepakbola dunia. Ya, Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan diumumkan lewat situs resmi FIFA, Rabu (29/3/2023). 

Kabar ini datang setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Qatar.

FIFA tak mengungkap alasan secara pasti pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dalam pernyataannya FIFA hanya menyebut Indonesia gagal terkait dengan situasi yang terjadi saat ini.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena situasi saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," bunyi pernyataan di situs FIFA.

Sebelum keputusan ini diambil oleh FIFA sempat terjadi kegaduhan yang diakibatkan penolakan terhadap Timnas Israel oleh beberapa pihak. Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 sebagai wakil dari Eropa.

Penolakan ini terjadi karena Isreal tak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia. Negeri asal Timur Tengah ini juga dianggap masih melakukan penjajahan karena menginvasi Palestina.

Dua pemimpin daerah yaitu Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara tegas menolak kehadiran Israel. Bali dan Jawa Tengah jadi wilayah yang sebelumnya bakal menggelar laga Piala Dunia U-20.

FIFA lebih dulu membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan dilakukan di Bali. Hal ini tak lepas dari penolakan Koster kepada Isreal.

FIFA mewajibkan Indonesia bisa memberi jaminan keamanan kepada 24 negara peserta Piala Dunia U-20 2023 tak terkecuali Israel untuk bisa berlaga. Jaminan ini tampaknya sulit untuk diberikan kepada Israel.

Ajang Piala Dunia U-20 2023 seyogyanya dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei - 11 Juni 2023. Turnamen ini direncanakan digelar di enam kota. Namun apa mau dikata nasi sudah jadi bubur, duit telah banyak digelontorkan. (par)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *