EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Anggaran Pemilu Serentak 2024 se-Provinsi Kepri Diperkirakan Tembus Rp300 Miliar

Penandatanganan kesepahaman pembiayaan pemilu serentak 2024 di seluruh kabupaten/kota Provinsi Kepri. Foto : teguh/kepriupdate


BATAM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menggelar rapat pembahasan tentang pendanaan dan biaya Pemilu serentak tahun 2024. 


Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara mengatakan rapat ini untuk memperjelas komitmen mengenai pembiayaan pemilu serentak oleh pemprov serta apa saja yang akan dibiayai kabupaten dan kota.


"Sejauh ini penetapan angaran belum final. Tapi kita prediksi biaya untuk Pemilu 2024 lebih dari Rp300 miliar," ungkap Adi, Senin (10/4/2023).


Ia mengatakan, beberapa item seperti pembayaran ribuan orang petugas penyelenggara pemilu ad hoc menjadi tanggung jawab Pemprov Kepri seperti honor TPS dan lainnya.


Sementara itu berdasarkan perhitungan, pendanaan untuk Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kepri mencapai Rp60 miliar. 


"KPU belum ditentukan jumlahnya dan kami masih menunggu finalisasi anggaran dengan KPU Kepri berdasarkan aturan KPU pusat," bebernya.


Pendanaan untuk Kabupeten/ kota lanjut Adi, mengikuti ketepatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri. 


"Jadi ketika sudah tahu item kegiatan apa saja yang dibiayai oleh provinsi maka item yang kurang akan dibiayai oleh kabupaten/kota," pungkasnya. (tgh)




Editor : Teguh


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *