EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Arus Mudik Tujuan Batam-Belawan Menggunakan KM Kelud Membludak Hingga 2.425 Penumpang

 

Para pemudik antre masuk ke ruang tunggu KM Kelud di Pelabuhan Batuampar Batam. Foto/Fahrur

BATAM - Arus mudik di pelabuhan Batuampar Batam menggunakan jasa KM Kelud PT Pelni pada H-7 lebaran tujuan Belawan Medan mencapai 2.425 orang. Jumlah ini mengalami lonjakan dua kali lipat dibanding H-10 kemarin.


Kepala Cabang PT Pelni Batam, Muhammad Iqbal mengatakan, arus mudik pada Sabtu (15/4/2023) belum termasuk puncaknya. Pasalnya dari perkiraan pihaknya puncak mudik terjadi pada H-4 atau 17 April 2023 mendatang.


Hal tersebut diketahui dari tingkat penjualan tiket kapal yang jumlahnya di atas 2 ribu-an bahkan bisa lebih bila diberlakukan non seat alias tanpa tempat duduk.


"Jika dibandingkan tahun 2022 lalu, ada kenaikan penumpang 50 persen. Hal ini disebabkan tahun lalu masih diberlakukan PPKM. Sekarang PPKM sudah tidak dibatasi, makanya tahun ini arus mudik membludak," terang Iqbal.


Dia menyarankan agar para penumpang bisa naik kapal, pemerintah mendapat dispensasi kapasitas sebanyak 49 persen, dan hal itu sangat meringankan penumpang untuk mudik.


"Animo masyarakat sangat tinggi untuk mudik, makanya kami sudah melakukan antisipasi jauh-jauh hari jelang lebaran," ungkap Iqbal.


Iqbal menuturkan, pada tanggal 17 April 2023 besok, ada tambahan kapal KM Dorolonda yang membantu arus mudik lebaran.


"Setiap hari ada dua kapal yang melayani arus pemudik dari pelabuhan Batuampar Batam tujuan Medan," pungkasnya. (fah)



Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *