EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Jelang Mudik Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Melonjak Hingga 13 Ribuan Per Hari

 

Para penumpang di Bandara Hang Nadim didominasi para pemudik lebaran yang ingin lebih dahulu pulang kampung menghindari tiket mahal serta kepadatan. Foto/Fahrur Kepriupdate

BATAM - Jelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah, arus mudik di Bandara Hang Nadim Batam mulai mengalami peningkatan jumlah penumpang sekitar 25 persen dibanding hari normal.


Pantauan kepriupdate.com di bandara, kebanyakan para penumpang tersebut merupakan warga Batam yang ingin lebih awal mudik lebaran ke kampung halaman.


"Anak sekolah sudah libur, kebetulan saya juga tidak bekerja. Jadi mudik duluan biar tiket murah. Nanti ayahnya nyusul H-3 lebaran setelah dapat cuti kerja," kata Yati, warga Taman Raya.


"Biasa jumlah penumpang rata-rata 10-11 ribuan per hari. Tapi sekarang 11 hari jelang lebaran sudah naik menjadi 13 ribuan penumpang per hari," ujar Direktur Utama PT Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Pikri Ilham Kurniansyah, Senin (10/4/2023).


Guna mengantisipasi lonjakan arus mudik pada H-7 hingga H+7 lebaran, PT Bandara Internasional Batam (BIB) juga melakukan berbagai persiapan.


"Kita telah menambah ekstra penerbangan dan berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan," ujarnya.


Ekstra penerbangan pesawat yang diajukan yakni tujuan Pekanbaru, Palembang, dan Padang dengan kapasitas 215 penumpang per rute. 


"Penambahan ini dilakukan karenakan ke tiga rute tersebut merupakan rute favorit masyarakat Kepri," ujarnya.


Saat ini penerbangan di Bandara Hang Nadim ada 84 ke berbagai kota. Sebanyak 18 destinasi seperti Jakarta, Kualanamu, Palembang, Pekanbaru merupakan rute terpadat setiap harinya.


"Kami optimis dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik lebaran tahun ini. Dan semoga  para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman," pungkasnya. (fah)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *