EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Kota Batam Pusatkan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriyah di Tiga Lokasi Ini

Umat Islam melaksanakan sholat id di Dataran Engku Putri Batam Center. Foto/Doc.Kepriupdate


BATAM - Salat Idul Fitri (Id) tingkat Kota Batam telah ditetapkan akan dipusatkan di tiga lokasi. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan.


“Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturahman, Sekupang,” ujar Rudi, Selasa 18 April 2023 dikutip dari laman resmi Pemko Batam.

Salat Idul Fitri akan digelar pada Sabtu 22 April 2023. Untuk pelaksanaan di Dataran Engku Putri sebagia khatib adalah KH. Lukman Rifai, di masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Khatib adalah H. Syukri Ilyas. Sedangkan ntuk imam dan bilal adalah imam dan bilal di masing-masing masjid tersebut.

Semetnara itu Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menetapkan sebanyak 831 titik lokasi salat Idul Fitri, termasuk di tiga lokasi utama itu.

Dari data yang dihimpun oleh Kemenag Batam jumlah masjid yang menyelenggarakan Salat Idul Fitri 713 masjid, 97 musala dan 21 lapangan.

Rudi mengatakan sebanyak 831 titik tempat salat ini tersebar di 12 kecamatan se-Kota Batam.

“Jumlah lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri pada tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya yakni 525 lokasi,” ujarnya.

Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Batam menggelar kegiatan pawai takbir Tingkat Kota Batam pada Jumat 21 April 2023 malam.

Pawai Takbir akan dipusatkan di Dataran Engku Hamidah pada pukul 19.30 WIB. Selain Pawai Takbir juga akan ada lomba kendaraan hias. Untuk lomba mobil hias total hadiah yang disiapkan Pemko Batam sebesar Rp 36 juta.

Dalam rangkaian acara Hari Raya Idul Fitri, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengundang masyarakat Batam yang ingin bersilahturahmi ke kediaman masing-masing pimpinan tersebut.

Bagi warga yang ingin silahturahmi dengan keluarga ke kediaman Wali Kota Batam dapat langsung datang ke kediaman di Komplek Perumahan Rosedale Blok F No. 12.

Sementara bagi warga masyarakat yang ingin bertamu ke kediaman Wakil Wali Kota Batam dapat berkunjung langsung ke Perum KDA Cendrawasih Merak 12.A Batam Kota.

“Dipersilakan bagi masyarakat Batam yang ingin silahturahmi dengan Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada hari Lebaran,” kata Rudi.(fah)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *