EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Serunya Berburu Takjil Buka Puasa Aneka Seafood Segar di Bazar Ramadhan Tanjunguma

Pedagang takjil buka puasa aneka seafood di bazar Ramadhan Tanjunguma terlihat menyiapkan dagangannya untuk dijual kepada para pemburu takjil. Foto: Parna/Kepriupdate


BATAM - Kelurahan Tanjunguma Batuampar menjadi salah satu tempat favorit berburu takjil saat bulan puasa. Selain menjual berbagai makanan dan minuman segar, pengunjung bisa membeli aneka seafood yang langsung dipanggang.


Bazar Ramadhan Tanjunguma ini berlokasi di Kampung Agas, persis di samping Masjid Al Hikmah. Para pedagang tak hanya menjual takjil, tapi juga menjual beragam manu lauk-pauk yang siap dimakan bagi yang tak sempat memasak di rumah.


Selain menu seafood segar seperti ikan bakar, kepiting, cumi bakar, tersedia juga aneka ayam panggang, bakso hingga makanan khas Melayu di antaranya otak-otak, lemang, lakse, roti jale dan roti prata.


Ciri khas bazar Tanjunguma bikin ngangenin adalah kepulan asap dan aroma bakaran olahan laut yang lezat. Hal inilah yang membuat suasana berburu takjil semakin seru.


Riuh para pedagang menawarkan menu takjil, disambut hangat oleh para pengunjung yang memesan. Tak terasa tawar-menawar di antara mereka yang saling sahut-bersahutan mengantarkan waktu berbuka telah tiba.


Indah, seorang pengunjung mengatakan berbagai macam makanan menu takjil dijual. Bahkan ia mengklaim, bazar Tanjunguma menyajikan menu yang lengkap dibandingkan di tempat lain.


"Entah kenapa kalau bulan puasa tiba, rasanya belum lengkap bila belum mengunjungi bazar Ramadhan Tanjunguma. Pokoknya seru aja suasana dan lingkungan pedagangnya," ujar Indah yang mengaku jauh-jauh datang dari Batuji, Kamis (6/4/2023).


Sementara itu Ali, seorang pedagang ikan bakar mengaku telah menyiapkan dagangannya sejak bakda Ashar atau sekitar jam 3.30 WIB. 


Ikan bakar yang ia jual dibanderol dengan harga Rp30 ribu hingga Rp60 ribu. Hal itu bergantung pada jenis dan ukuran ikan. Ada Ikan kaci, ikan cermin, ikan pari, ikan lebam, ada juga ikan kakap putih.


"Alhamdulillah sehari bisa menjual 10 ekor ikan besar," pungkasnya. (par)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *