EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Jaga dan Lestarikan Penyu, Bupati Natuna Lepas Ratusan Tukik ke Laut

 

Bupati Natuna bersama Danposal, beberapa Kepala OPD melepaskan Tukik di Pantai Subi. Foto/Rusdi

NATUNA - Sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga kelestarian penyu, Bupati Natuna bersama Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Kecamatan Subi melepas liarkan ratus bibit penyu (Tukik).


Dalam kegiatan pelepasan bibit penyu ini, Bupati didampingi Forkompinda dan lembaga vertikal daerah. Senin (18/09/2023).


Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa semua jenis penyu laut di Indonesia termasuk dalam hewan yang dilindungi.


Bupati Natuna Wan Siswandi dalam kesempatan tersebut menyampaikan gerakan pelepasan penyu dalam rangka menjaga dan melestarikan salah satu satwa yang dilindungi ini harus menjadi perhatian dan apresiasi dari semua pihak.


"Terimakasih kepada Danposal yang telah menginisiasi kegiatan ini, tentunya dalam melestarikan penyu ini adalah tanggung jawab kita semua," sebut Wan Siswandi.


 Lanjut Wan Siswandi, penyu merupakan salah satu hewan yang memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan ekosistem yang ada di bawah laut.


"Untuk itu mari kita bersama-sama jaga keberlangsungan siklus hidup penyu baik habitatnya juga kebendaannya, jangan kita ekploitasi satwa ini," ajak Wan Siswandi.


Di akhir penyampaiannya Wan Siswandi berharap kegiatan pelestarian penyu tidak hanya dilakukan di Subi saja namun juga di lakukan di wilayah-wilayah lain.


"Mari kita galakkan lestari penyu. Yakinlah jika kita berbuat baik untuk binatang dan alam, insyaAllah alam juga akan memberikan hasil yang baik untuk kita," tutupnya.


Acara pelepasan bibit penyu, di tandai dengan doa bersama dan pelepasan langsung bibit penyu oleh Bupati Natuna bersama Danposal didampingi lembaga vertikal daerah dan forkopimda, di wilayah pantai kantor Pos AL Kecamatan Subi.(rus)




Editor : Teguh