EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Wakil Pansus DPRD Batam: Ranperda Penempatan Tenaga Kerja Tinggal Finalisasi

Wakil Pansus Ranperda Penempatan Tenaga Kerja DPRD Batam, Udin P. Sihaloho. Foto/Rozi


BATAM - Wakil Ketua Pansus Penempatan Tenaga Kerja DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho menyampaikan, pihaknya sedang memasuki finalisasi Ranperda penempatan tenaga kerja.


“Dalam rapat beberapa waktu lalu, kita mengundang HRD di kawasan-kawasan industri yang ada di Kota Batam,” ungkap Udin, Senin (6/11/2023).


Sebelumnya, pansus juga melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak perusahaan di Batam, membahas hal yang sama.


Dari pertemuan tersebut, kata Udin, perwakilan perusahaan tersebut mengaku lebih merekrut tenaga kerja yang sudah memiliki skill yakni lulusan SMK.


“Mungkin anak-anak SMA ini niatnya tadi mau kuliah. Tapi mungkin pasca pandemi Covid-19, kemampuan keuangan menurun sehingga tak kuliah dan berusaha mencari kerja dan bersaing dengan lulusan SMK. SMK bisa ditampung mereka tidak. Bahkan perusahaan menampung tenaga kerja dari luar,” kata Udin.


Udin juga meminta agar anak-anak SMA sederajat, bisa mengikut pelatihan-pelatihan. Agar bisa memiliki skill sesuai pekerjaan.


“Mereka welder banyak yang memilih kerja keluar negeri. Mungkin karena keselamatan kerja, upah jauh berbeda,” ujar Udin.


Udin menambahkan Ranperda ini memasuki finalisasi. Kemudian konsultasi ke Biro Hukum di Jakarta atau Biro Hukum Provinsi. (fah)



Editor : Rozi