EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Natuna Beri Pelatihan ke Sejumlah Ormas

Para peserta foto bersama usai mengikuti pelatihan. Foto/Rusdi


NATUNA - Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan dalam Mensukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024.


Kegiatan dilaksanakan di Rumah Makan Sisi Basisir, Jalan Dato Kaya Wan Moh Banteng, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna pada Rabu (06/12/2023).


Kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan kemandirian dan profesionalisme organisasi yang sehat serta meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan di Natuna.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda dalam sambutannya menyampaikan kesuksesan pemilu dan pemilukada tahun 2024 adalah tugas bersama baik individu maupun organisasi kemasyarakatan.


Organisasi kemasyarakatan merupakan wadah masyarakat sebagai wujud adanya kebebasan berserikat dan upaya partisipasi dalam mengembangkan demokrasi serta menjadi mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


"peran Ormas dalam konteks sosial politik diantaranya ialah menjaga stabilitas, ketertiban dan keamanan, serta menopang persatuan dan kesatuan bangsa," paparnya.


Lanjut Helmi, Organisasi masyarakat memiliki peran penting dalam meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, terutama dalam mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat serta menjaga, memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.


"Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dalam membangun kedewasaan berpolitik menuju Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia serta Jujur dan Adil, sehingga harkat dan martabat serta kewibawaan masyarakat Kabupaten Natuna akan terjaga, dengan tetap berpedoman pada 4 Pilar Demokrasi," imbuhnya.


Untuk itu Hemli mengajak Pemerintah dan Ormas untuk bersinergi dalam mensukseskan Pemilu dan Pemilu Kepala Daerah Tahun 2024 di Kabupaten Natuna.


"Begitu juga dengan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Natuna, mari berperan aktif dan berpartisipasi dalam upaya menjaga kedamaian di tengah masyarakat," tutupnya.


Sementara Kabid Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Natuna, Ramdani Purwanto selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan dalam upaya untuk meningkatkan kinerja dan menjaga keberlangsungan organisasi kemasyarakatan dalam menciptakan kondisi yang dapat tumbuh berkembang secara sehat, mandiri, akuntabel, dan profesional.


Kegiatan akan dilaksanakan selama 1(satu) hari di RM. Sisi Basisir dengan peserta sebanyak 50 (lima puluh) orang yang terdiri dari 2 (dua) orang perwakilan setiap OKP, Ormas dan LSM yang berdomisili di Kecamatan Bunguran Timur.


"Kegiatan menghadirkan 4 (empat) narasumber yakni, Ramdani dari Kesbangpol, Ketua KNPI, Haryadi, Ketua Bawaslu, Siswandi, Ketua KPU, Kusnaedi," tutupnya.


Turut hadir dalam kegiatan, Kadishub, Kadispora, Komisioner Bawaslu, para Kabid dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.(rus)





Editor : Rozi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *